Berita

4 (empat) Alasan Ini Buat Kamu Yakin Berkuliah Pada Program Diploma (D3)
  1. Program Diploma mempersiapkan mahasiwa untuk siap kerja

Proses pendidikan dapat dikatakan baik apabila mempunyai esensi yaitu “bersumber dari masyarakat dan luarannya kembali ke masyarakat”. Dengan kata lain lulusan dari sebuah perguruan tinggi harus siap kerja dan mampu berkompetisi secara terbuka dimasyarakat. Kenapa program diploma (D3) fokus siap kerja? yang membedakan adalah sistem kurikulumnya. Untuk program diploma memilki bobot pembelajaran praktek 60% dan teori 40%, sedangkan sarjana praktek 40% dan teori 60%. Dengan bobot pembelajaran praktek yang lebih banyak, peserta didik disiapkan untuk menguasai keahlian hard skills yang matang dikampus. Sangat berbeda dengan program sarjana yang diarahkan pada penguasaan keilmuan, riset, dan  melanjutkan pendidikan sampai pada jenjang doktor. 

Politeknik merupakan penyelenggara pendidikan program diploma (vokasi). Keseluruhan terdapat 4 program studi yang terdapat di Politeknik NSC Surabaya, yaitu pendidikan diploma (D3) yang fokus pada pembentukan peserta didik yang siap kerja. Program kerja bahkan sudah dilakukan ketika mahasiswa/i masih menduduki bangku kuliah,   terbukti banyak mahasiswa Politeknik NSC Surabaya yang telah bekerja sebelum mereka lulus. Dengan penguasaan hard skills yang matang, didukung dengan pembelajaran soft skills yang berorientasi pada pembentukan karakter, kami berharap tidak hanya menjadi pemasok tenaga kerja (suply driven), melainkan menghasilkan lulusan yang memang dibutuhkan (demand driven) oleh masyarakat.

 

  1. Program diploma memiliki waktu tempuh yang lebih singkat

 Untuk kamu yang ingin segera mandiri dari pembiayaan orang tua, dengan orientasi cepat lulus dan segera bekerja, program diploma adalah yang paling tepat. Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi 2014, beban belajar untuk program sarjana adalah minimal 144 sks dengan masa studi 4-5 tahun. Untuk program diploma III beban belajar 108 sks dengan masa studi hanya 3 tahun. Dengan masa kuliah  yang lebih singkat berarti kamu efisien dalam waktu dan biaya, namun tetap efektif dengan cepat bekerja.

Segera mandirikan diri kamu, dan menjadi kebanggaan keluarga, dengan cepat lulus dan segera bekerja. “Inget guys, bijaklah mengatur waktu yang kamu punya, waktu tak dapat diputar dan diulangkan ...!”.

 

  1. Program diploma melatih hard dan soft skills kamu secara efisien

Dengan bobot pembelajaran yang dititik beratkan pada 60% kegiatan praktik, ini akan mengasah skills kamu secara mendalam. Pembelajaran praktik dalam program diploma dilakukan tidak hanya di laboratorium/bengkel, melainkan juga langsung di dunia industri dengan program pemagangan. Praktik adalah metode yang baik untuk mengasah hard skills dan soft skills kamu secara efisien.
Mengapa demikian ? ... Jadi, model pendidikan tradisional yang menekankan bahwa calon karyawan/karyawan harus memiliki pengetahuan yang tinggi tentang bidang pekerjaannya (hard skills), sekarang tidak lagi mencukupi. Karyawan yang berhasil adalah karyawan yang secara konsisten menunjukkan sejumlah kompetensi yang spesifik. Kompetensi tersebut membuat karyawan berhasil dan membedakan dirinya dengan karyawan yang lain, untuk dapat melakukan ini tidak hanya dibutuhkan hard skills. 
Pada kenyataannya karyawan yang berhasil adalah yang mampu mengintegrasikan hard skills dan soft skills yang mereka punya. Hard skills mengacu pada pemahaman tentang bidang pekerjaan fungsional atau area tertentu, kemudian dipadukan dengan pemikiran yang terintegrasi, komunikator yang andal, cerdas emosional, mampu bekerja dalam tim dan beretika, yang semuanya itu bersifat soft skills. Metode yang paling efisien untuk melatih hard skills dan soft skills kamu secara bersamaan adalah praktik. Program diploma menjawab kebutuhan masyarakat akan hal itu. 

 

  1. Progam diploma, bisa kok jalur ekstensi (melanjutkan ke program sarjana)

Mungkin beberapa orang setelah menyelesaikan program diploma karena tuntutan pekerjaan maupun orang tua, ingin melanjutkan ke jenjang sarjana (D4/S1), bisa dengan jalur ekstensi. Kuliah ekstensi adalah salah satu jenjang pendidikan yang bisa dipilih oleh mahasiswa lulusan program diploma untuk melanjutkan ke program sarjana, tanpa perlu mengulang perkuliahan dari awal lagi. Jadi, mata kuliah yang sudah pernah diambil saat kuliah diploma, tidak perlu diambil lagi, hanya mata kuliah yang belum pernah ditempuh dan dipersyaratkan pada program sarjana.
      Misal kamu adalah mahasiswa program diploma (D3) perhotelan, setelah lulus kamu dapat melanjutkan pada program sarjana (S1/D4) perhotelan. Dengan bekal yang baik pada saat program diploma,kamu hanya perlu memantapkan skills yang kamu punya dengan keilmuan pada program sarjana.

 


Masih ragu untuk kuliah pada program diploma (D3)?
Bijaksanalah... “Pilihan Anda saat ini, adalah masa depan Anda kelak”

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 32,926,161

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp