Berita

Laporan Direktur Politeknik NSC Surabaya Tahun Akademik 2015/2016

Assalamu Alaikum Warrahmatullahhi Wabarakatuh.
Selamat Pagi dan Salam Sejahtera untuk kita semua, Om Swastiastu.
 
Pada hari yang penuh rahmat ini marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT,  karena atas izin dan rahmatNya-lah sehingga pada hari ini Minggu, 16 Oktober 2016 kita dapat berkumpul dalam suasana yang sangat berbahagia untuk bersama-sama mengikuti acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dengan agenda tunggal Wisuda XV Program Diploma III Politeknik NSC Surabaya.

Para hadirin yang berbahagia,

Sejak tahun akademik 1997/1998 sampai tahun akademik 2014/2015 Politeknik NSC telah menghasilkan 781 lulusan program Diploma III. Pada hari ini, Politeknik NSC menyelenggarakan Wisuda XV tahun akademik 2015/2016 di Dyandra Convention Centre Surabaya dengan mewisuda lulusan sebanyak 104 lulusan program Diploma III, sehingga total jumlah lulusan sejak Politeknik NSC berdiri hingga hari ini sebanyak 885 lulusan.

jumlah lulusan nsc

Grafik 1. Jumlah Lulusan dari Wisuda I-XV

Sumber: Bagian Administrasi Akademik

Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) seluruh wisudawan/wati pada wisuda XV ini adalah 3,34 pada skala 4. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas daya serap mahasiswa terhadap materi mata kuliah sangat baik.

Rata-rata IPK

Grafik 2. Rata-rata IPK dari Wisuda I-XV

Sumber: Bagian Administrasi Akademik

Pencapaian tersebut tidak lepas dari peranan dosen, staf, kurikulum, serta nuansa akademik yang terbangun di Politeknik NSC. Hal yang membanggakan adalah sebagian besar wisudawan/wati telah bekerja. Keberhasilan lulusan Politeknik NSC Surabaya  untuk memperoleh pekerjaan tidak luput dari peranan yang besar dari perusahaan-perusahaan atau instansi yang merupakan mitra kerja NSC. Kepada manajemen perusahaan/instansi dimaksud saya ucapkan terima kasih atas peran serta dan kerjasamanya yang baik selama ini, mudah-mudahan kerjasama yang baik ini dapat kita tingkatkan lagi di masa-masa yang akan datang.

Jumlah mahasiswa aktif selama ini berflluktuasi yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal, namun dapat dikatakan bahwa beberapa tahun terakhir relatif stabil, yang mana hal ini menggambarkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Politeknik NSC yang baik.

Jumlah mahasiswa aktif

Grafik 3. Perkembangan Jumlah Mahasiswa Aktif

Sumber: Bagian Administrasi Akademik

Para wisudawan/wati,

 

Mewakili unsur pimpinan dan seluruh sivitas akademika Politeknik NSC, kami mengucapkan selamat atas diwisudanya saudara-saudari pada hari ini. Wisuda ini merupakan puncak dari proses pendidikan yang telah saudara-saudari lalui di Politeknik NSC dan merupakan pengakuan serta pengukuhan bahwa saudara-saudari telah menyelesaikan proses pendidikan tersebut dengan baik.  Ucapan selamat kami sampaikan pula kepada seluruh keluarga, orang tua dan wali para wisudawan/wati yang berbahagia.

Para hadirin yang dirahmati Allah SWT,

 

Kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi pada setiap tahun akademik telah dilaksanakan sesuai dengan norma-norma dan aturan yang telah ditetapkan dan tentunya akan ditingkatkan terus pada tahun-tahun mendatang. Pengakuan eksternal juga telah dicapai diantaranya telah terakreditasinya seluruh Program Studi Diploma III oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan saat ini Politeknik NSC juga telah terakreditasi pula pada lingkup institusi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kerja keras bersama dari seluruh stake holder Politeknik NSC pada tahun akademik 2015/2016 ini telah menunjukkan hasilnya tahun ini pada program studi perhotelan dan administrasi niaga yang memperoleh penilaian akreditasi “B” (Sangat Baik) dari BAN-PT. Berdasarkan pencapaian ini saya mengucapkan selamat kepada program studi perhotelan dan administrasi niaga. Direncanakan pada tahun depan, Politeknik NSC akan mengajukan pembukaan program studi Diploma IV Manajemen Perhotelan dan Diploma IV Bisnis Internasional.

Pada tahun ini terdapat 7 (tujuh) buah buku yang diterbitkan oleh dosen tetap Politeknik NSC, yaitu:

Buku nsc

Pada wisuda XV kali ini, wisudawan/wati juga dibekali dengan Diploma Supplement atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang berisi portofolio lulusan yang akan bermanfaat bagi dunia usaha dan industri dalam menilai kemampuan lulusan dalam hal skill, knowledge dan attitude yang dimilikinya. Selain itu, sebagian  besar wisudawan/wati juga telah memiliki sertifikat kompetensi/profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Zahir, dan Microsoft.

Dalam usaha pencapaian Visi 2024/2025 Politeknik NSC Surabaya yaitu menjadi mitra utama bisnis dalam penyediaan SDM profesi yang berkualitas dan berdaya saing global, aktivitas-aktivitas dalam usaha mencapai visi dimaksud sedang dilakukan di Kampus Politeknik NSC, diantaranya peningkatan kualitas aktivitas tri darma perguruan tinggi. Aktivitas darma pengajaran dilakukan dengan selalu mengembangkan metodologi dan praktik-praktik yang efektif, up to date, dan sesuai standar mutu. Aktivitas darma penelitian selalu meningkat dari tahun ke tahun, diantaranya dengan telah terbitnya Jurnal Bisnis dan Teknologi (JBT) yang telah tersedia dalam versi cetak maupun on line. Aktivitas darma pengabdian kepada masyarakat juga mengalami peningkatan, melalui unit-unit kerja yang telah dibentuk yang terdiri dari Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) ENESCE, GUSKA Business Consultant and Training, Human Development and Recruitment Services (HUDERS) NSC, NSC ICT Development, NSC Press, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Poltek NSC, dan NSC Preneur.

Dalam usaha meningkatkan kebermanfaatan atas keberadaan Politeknik NSC di Surabaya, maka NSC menyelenggarakan 2 (dua) program utama, yaitu:

  1. Program Kerja Dulu Baru Kuliah, dan
  2. Program penyediaan SDM yang ber-attitude

Program kerja dulu baru kuliah merupakan program yang membantu anak-anak kita yang ingin membiayai kuliahnya sendiri dengan cara bekerja. NSC memfasilitasi penyaluran kerja bagi mereka agar nantinya bisa membiayai kuliahnya sendiri. Program penyediaan SDM yang ber-attitude merupakan program yang membantu perusahaan mitra NSC dalam memperoleh SDM yang baik.

Saat ini NSC bekerja sama dengan 153 (seratus lima puluh tiga) yang sangat mensupport program-program yang dimiliki Politeknik NSC.

Mitra nsc

Grafik 4. Mitra Kerja Politeknik NSC Surabaya

Sumber: Bagian Kerjasama

Dalam usaha meningkatkan pelayanan administrasi, Politeknik NSC telah mengembangkan sistem administrasi dan informasi yang berbasis ICT diantaranya Sistem Informasi Akademik dalam versi mobile sehingga memudahkan penerapan sistem e-learning. Diharapkan dengan pengembangan sistem informasi ini dapat meningkatkan pelayanan yang lebih efektif, efisien, dan real time. Upaya-upaya peningkatan pelayanan terus dilakukan, dan telah menjadi komitmen dari kampus untuk melayani mahasiswa, dosen, dan stake holder lainnya.

Para wisudawan/wati, orang tua/wali dan hadirin yang berbahagia,

 

Pada akhir sambutan ini ijinkan saya untuk menyampaikan penghargaan kepada para wisudawan/wati. Sesungguhnya wisuda hari ini merupakan awal bagi saudara-saudari untuk menunjukkan eksistensi dan prestasi saudara/i di dunia usaha dan industri. Ucapan selamat kami haturkan pula kepada para orang tua/wali wisudawan/wati dan terima kasih karena telah mempercayakan pendidikan putra/putrinya kepada kami. Semoga apa yang kita cita-citakan bersama dapat tercapai dan mendapat barokah dari Allah SWT. Amin.

Akhir kata, saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah, Kopertis Wilayah VII, Pengurus Yayasan, Dosen dan Staf, serta Mitra Kerja yang telah memberikan kontribusi terhadap pengembangan Politeknik NSC.

Demikian sambutan kami, atas perkenan dan perhatiannya diucapkan banyak terima kasih.

Wabillahi Taufik Wal Hidayah. Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Om Santih..Santih..Santih...Om

direktur

Direktur,

Eko Tjiptojuwono, SE, MM

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,190,789

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp