Berita

MENGUASAI ENGLISH CONVERSATION, SEBUAH SYARAT BAGI CALON PROFESIONAL DALAM BERKARIR

Di zaman modern saat ini, Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional dan menjadi bahasa utama untuk komunikasi antar negara. Bahasa Inggris sudah menjadi kewajiban bagi orang-orang untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Semuanya serba berbahasa Inggris, mulai dari iklan, aplikasi pada smartphone, acara televisi, hingga percakapan sehari-hari akan ditemui beberapa kata dari bahasa Inggris. Lagu-lagu yang berasal dari dalam maupun luar negeri yang saat ini diputar kebanyakan berbahasa Inggris.
Perusahaan-perusahaan kini mulai membutuhkan orang-orang yang fasih dalam berbahasa Inggris untuk diterima di perusahaan mereka. Perusahaan besar sudah tidak bermain dalam tingkat nasional lagi, melainkan internasional. Mereka butuh seseorang yang bisa berkomunikasi dengan klien di luar negeri sana dengan bahasa Inggris. Untuk bertransaksi pun mereka pun sudah menggunakan bahasa Inggris kepada para investor diluar negeri sana.
Apa jadinya kalau kita tidak menguasai percakapan dalam Bahasa Inggris? Tentunya akan terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi atau disebut juga miss communication. Perbedaan bahasa yang ada secara tidak langsung memaksa kita untuk mempelajari bahasa yang universal, yaitu bahasa Inggris. Oleh karena itu, sangatlah penting dalam menguasai bahasa Inggris, terutama dalam percakapan (conversation). Komunikasi merupakan hal yang penting agar dapat saling bertukar informasi.

 

English Conversation NSC

Dalam mempelajari English conversation, kita tidak hanya dituntut untuk mempelajari masalah tenses saja. Pembelajaran kosakata, cara pengucapan, bahkan intonasi sangatlah diperlukan. Kita sering mendapatkan nilai yang sangat bagus ketika mengikuti tes bahasa Inggris secara tertulis, tetapi mendapatkan nilai yang kurang pada saat mengikuti tes bicara. 

Bahasa Inggris bukan bahasa ibu kita sehingga pasti kita mengalami kesulitan untuk mempraktikkan bahasa ini dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada percakapan (conversation). Kita sering tidak percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris secara lisan karena takut ditertawakan jika membuat kesalahan dalam percakapan tersebut.
Beberapa cara pembelajaran English Conversation yang dilakukan dalam kelas English conversation biasanya tidak efektif disebabkan jumlah murid yang banyak. Kondisi seperti ini menimbulkan sedikitnya perhatian yang didapatkan murid dari tutor dalam mempelajari English conversation. Salah satu cara terbaik yang harusnya diterapkan dalam kelas pembelajaran English conversation ialah dengan cara membuat kondisi kelas menjadi  nyaman bagi murid. 
Untuk membuat mahasiswa menguasai percakapan bahasa inggris pada program studi administrasi niaga, terdapat mata kuliah English Conversation yang harus ditempuh oleh mahasiswa, metode yang digunakan adalah metode simulasi, setiap mahasiswa akan tampil dalam suatu kegiatan percakapan dimana terdapat posisi sebagai dua orang yang berbicara layaknya percakapan sehari hari, dengan metode ini mahasiswa diajarkan bagaimana berbicara dengan bahasa inggris secara profesional.
Dalam video ini adalah contoh mahasiswa melakukan aktivitas percakapan dalam sebuah kantor menggunakan bahasa inggris.

 

 

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,071,264

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp