Berita

CULINARY, SALAH SATU ILMU YANG DIAJARKAN DI PRODI PERHOTELAN

Culinary atau kuliner dalam arti kata umum adalah semua hal yang berhubungan dengan masakan atau makanan. Yaa... kuliner serasa memang topik yang tak pernah “out of date” untuk dibicarakan, mulai dari masakan peninggalan nenek moyang yang sangat klasik, sampai dengan masakan fast food, masing-masing memiliki penggemar sendiri. Saat ini dunia kuliner serasa memasuki masa jayanya, semua media ramai- ramai membicarakan soal kuliner. Tabloid, majalah, puluhan program TV semua membahas tentang dunia kuliner. Yaa... karena mungkin makanan adalah kebutuhan pokok manusia,ditambah lagi dengan gaya hidup yang membuat kuliner berkembang sangat beragam dan pesat. 

culinary
Sama halnya dengan dunia perhotelan, disini terdapat divisi yang bertugas untuk membuat makanan, yaitu adalah  departemen food and beverage product. Fungsi dasar dari departemen ini adalah untuk melayani kebutuhan customer yang menginap atau berkunjung ke hotel untuk pemenuhan makanan dan minuman. Secara umum yang diproduksi oleh departement food and beverage product adalah appatizer (makanan pembuka), main course (makanan utama), dessert (makanan penutup), beverage (minuman), dan kue-kue (bakery &pastry).
Dalam kurikulum prodi perhotelan, dunia kuliner dibahas sangat detail dalam kegiatan belajar mengajar. Ilmu kuliner dibagi dalam beberapa mata kuliah, antara lain; Food Product 1, Food Product 2, Manajemen Food Product, Pastry 1, Manajemen Pastry, Bartending, dan Manajemen Bartending. 
Telah terlaksana dengan baik praktikum role playing mahasiswa semester IV prodi perhotelan, dengan tema “Breakfasting with Groove in Hotel” menghidangkan pumpkin soup, arabian salad, nasi kebuli with chicken cury and sate komoh, chocolate mouse with chocolate ball. Berikut komentar Bpk. Syarifudin (Sous Chef Hotel Java Paragon Surabaya) tentang food and beverage product mahasiswa prodi perhotelan :

  1. Soup, main course, dan dessert sudah baik
  2. Namun untuk arabian salad,nama dengan hasil hidangan masih kurang sinkron, artinya harusnya nama dari sebuah hidangan harusnya merepresentasikan bentuk dan komposisi hidangan tersebut
  3. Masakan sudah enak namun beberapa ada yang masih kurang rempah

“Over all sudah bagus,tapi apabila masukan tadi bisa dijalankan pasti akan lebih sempurna” tambah Chef Syarifudin. Diharapkan oleh tim dosen dalam praktikum ini adalah mahasiwa dapat memahami konsep dan teori ilmu perhotelan (manajemen dan operasional), serta mampu mendemonstrasikan untuk mengelola sebuah hotel dengan kreatif dan  inovatif sesuai dengan standart hotel berbintang.

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,140,366

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp