Berita

MENGAPA BAHASA INGGRIS DIPERLUKAN, KHUSUSNYA BAGI SEKRETARIS?

       Ada pertanyaan umum yang sering diajukan oleh pencari kerja , yaitu “ Mengapa Bahasa Inggris Harus Dikuasai Oleh Seorang Sekretaris? “. Karena persaingan dalam mencari kerja yang semakin tinggi, setiap pencari kerja mulai berusaha untuk membekali diri dengan wawasan yang luas. Tidak hanya itu, kemampuan berbahasa inggris pun menjadi syarat sebagai salah satu kunci untuk kesuksesan dalam berkarier. Tak terkecuali bagi seorang sekretaris.

     Sekretaris merupakan seorang yang membantu pimpinanos dalam menjalankan suatu pekerjaan. Seorang sekretaris juga adalah perantara bagi orang yang ingin berhubungan dengan pimpinan atau sebaliknya. Disamping itu, sekretaris juga setiap harinya berkomunikasi dengan tamu-tamu yang terdiri dari berbagai macam tingkatan, golongan dan berbagai macam individu yang setiap diantara mereka tentunya memiliki latar belakang, status sosial, kepentingan, serta kedudukan yang berbeda. Oleh sebab sekretaris dituntut harus mampu dengan cepat menyesuaikan diri dan memahami pihak-pihak yang berhubungan dengannya.

Untuk itu seorang sekretaris harus mampu berkomunikasi dengan baik dan menguasai bahasa Indonesia dan beberapa bahasa asing dengan baik seperti bahasa inggris, sehingga dapat berkomunikasi dengan tamu- tamu tingkat eksekutif, dan mampu membantu pimpinan dalam bernegosiasi.  Ia pun dituntut untuk memilih kata dan menyusun kalimat secara baik dan jelas, menyenangkan semua pihak yang berkomunikasi dengannya.

Salah satu program yang dilakukan oleh program studi Admnistrasi Niaga adalah membekali mahasiswa dengan ketrampilan bahasa inggris, dimana didalam kurikulum terdapat tiga mata kuliah yang menunjang capaian pembelajaran dalam menguasai bahasa inggris, yaitu ;

1. Introduction to English yang harus ditempuh pada semester I

2. English for Secretary  yang harus ditempuh pada semester II

3. English Conversation & Preperation for Toefl yang harus ditemmpuh pada semester V

Kemampuan berkomunikasi dan interaksi dengan pimpinan, pihak luar dan juga rekan bisnis merupakan peranan yang sangat penting bagi seorang sekretaris, dia juga harus mempunyai wawasan yang luas untuk dapat bersaing di dunia bisnis. Karena jangkauan atau kerjasama perusahaan bukan hanya di tingkat nasional tetapi juga ditingkat internasional, terlebih-lebih perusahaan yang besar.

Oleh karena itu bahasa inggris penting untuk sekretaris tetapi kita juga tidak boleh lupa dengan bahasa yang kita miliki. Bahasa inggris merupakan modal untuk bersaing meraih suatu pekerjaan yang lebih baik dan merupakan bahasa internasional penghubung segala bahasa, disamping itu juga dengan Bahasa inggris kita dapat :

1. Meningkatkan karier.

2. Mendapatkan posisi lebih tinggi dibanding rekan-rekan yang tidak memilikinya.

3. Mempermudah untuk melakukan komunikasi dengan siapapun juga dimanapun juga berada.

4. Membuat kita bisa percaya diri dan tak pernah takut untuk melakukan apapun juga

 

Paham tentang istilah 'english' sangat penting dalam bekerja karena hampir setiap hari kita pasti akan menemui kata-kata dalam bahasa inggris secara tidak langsung.

Kebanyakan perusahaan juga kadang menggunakan bahasa inggris untuk berkorespondensi baik dengan relasi maupun dengan pihak intern.

Bahasa Inggris di dunia usaha memang digunakan untuk bisnis, surat menyurat dan meeting dengan bule bule yang tidak mau belajar dan tidak bisa berbahasa Indonesia.

Bahasa inggris memang sangat penting untuk sekretaris, karena dengan paham akan bahasa inggris sekretaris akan mudah dalam menjalin relasi dari pihak mana saja. Dengan kata lain sekretaris mudah untuk berkomunikasi dengan siapa saja. Disamping itu juga bahasa inggris dalam bekerja hampir setiap hari kita pasti akan menemui kata-kata dalam bahasa inggris secara tidak langsung.

Adapun dalam video ini, mahasiswa di ajarkan bagaimana cara menguasai bahasa inggris khusunya English for secretary,  mahasiswa melakukan kegiatan role play atau bertukar peran didalam aktivitas pembelajaran, adapun posisi yang disimulasikan oelh mahasiswa adalah mahasiswa menjadi General Manager, General Affair and Human Resource Manager , Finance Manager, Marketing Manager dan menjadi Secretary

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,172,344

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp