Berita

PRAKTIKUM ROLE PLAYING HOTEL MINI PROGRAM STUDI PERHOTELAN

     Salah satu metode pembelajaran yang sangat efektif digunakan didalam pembelajaran, maupun pelatihan dan pengembangan SDM adalah metode role playing. Metode role playing adalah metode pelatihan yang merupakan perpaduan antara studi  kasus dan program pengembangan sikap. Para  peserta dihadapkan pada suatu situasi dan diminta untuk memainkan peranan, dan bereaksi terhadap taktik, kasus dan peran yang dijalankan oleh peserta yang lain. Kesuksesan metode ini tergantung dari kemampuan peserta untuk memainkan peranannya sebaik mungkin. Metode ini sering digunakan oleh industri untuk melakukan proses training bagi pengembangan SDM di lingkungan kerjanya. 
Hal itulah yang coba diterapkan oleh tim dosen Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya. Membentuk pribadi mahasiswa sebagai insan profesional yang seutuhnya, yang menguasai konsep dan teori ilmu perhotelan, mampu menerapkan serta kreatif dalam memecahkan masalah ditempat kerja. “Kami tim dosen mencoba menerapkan metode role playing untuk memberikan sebuah pengalaman langsung bagi mahasiswa kami, dan mencoba memberikan kasus-kasus yang harus diselesaikan secara cepat”. 


     Puji syukur telah terlaksana dengan sangat baik kegiatan role playing yang terangkum dalam mata kuliah workshop, pada Rabu, 29 Juni 2016 di Politeknik NSC Surabaya. Rangkaian kegiatan ini adalah mahasiswa diwajibkan melakukan semua aktifitas pelayanan hotel “hotel mini”. Dalam praktik ini mahasiswa menggunakan laboratorium F&B pastry dan product untuk pelayanan makanan dan minuman; laboratorium FO untuk pelayanan  reservation, check in dan check out dan semua aktifitas FO; laboratorium FB service untuk pelayanan penyajian makanan; laboratorium Room (kamar) untuk pelayanan house keeping dan semua aktifitasnya. Menjadi capaian pembelajaran dalam matakuliah ini adalah mahasiwa dapat memahami konsep dan teori ilmu perhotelan (manajemen dan operasional), serta mampu mendemonstrasikan untuk mengelola sebuah hotel dengan kreatif dan  inovatif sesuai dengan standart hotel berbintang.


    Akhir kata “Kami ucapakan beribu terimakasih untuk tamu undangan yang telah hadir dan memberikan masukan dan evaluasi bagi mahasiswa prodi perhotelan, Bapak Didik Sakti (General Manager Hotel 88 Surabaya), Bapak Syarifudin (Sous Chef Hotel Java Paragon Surabaya), dan Ibu Lina (HRD Hotel Alana Surabaya)”. 

 

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 32,918,869

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp