Berita

REAKREDITASI PROGRAM STUDI PERHOTELAN

     Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa telah terlaksana dengan baik reakreditasi Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya oleh BAN-PT. Proses visitasi reakreditasi dilakanakan 2 hari berturut-turut,yaitu Senin 23 Mei 2016 dan Selasa 24 Mei 2016. Bertugas dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional- Perguruan Tinggi) untuk melakukan asesmen adalah Ibu Rini Kartika Hudiono, S.Pd., MA dan Dr. Diena M. Lemy A. Par., MM. Reakreditasi program studi pehotelan merupakan bentuk tanggung jawab dari pengelola tentang jaminan mutu terhadap proses akademik yang berkualitas. 

 


     Perlu diketahui, reakreditasi program studi diploma adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen program studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program akademiknya. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi program studi dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar sejawat dan/atau pakar yang memahami penyelenggaraan program akademik program studi. Keputusan mengenai mutu didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan para pakar sejawat. Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis yang disiapkan oleh program studi yang diakreditasi, diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan atau asesmen lapangan tim asesor ke lokasi program studi. 

   Di Indonesia sendiri, menurut Kepmendiknas RI Nomor 232/U/2000 Tahun 2000 program diploma adalah pendidikan profesional yang menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Sedangkan menurut Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003  program diploma adalah pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu maksimalsetara dengan program sarjana. Vocational education or vocational education and training (VET), also called career and technical education (CTE) prepares learners for jobs that are based in manual or practical activities, traditionally non-academic and totally related to specific trade, occupation or vocation (Wikipedia, 2009).

     Sesuai dengan visi program studi perhotelan yang bisa menghasilkan lulusan profesional dibidang perhotelan, yang berkualitas dan berdaya saing global, maka proses reakreditasi merupakan hal yang harus dilakukan demi terjaganya kualitas pembelajaran di prodi perhotalen. Akhir kata, sebaik-baiknya usaha manusia adalah yang berguna bagi sesama. Usaha yang maksimal sudah dilakukan oleh Politeknik NSC Surabaya, semoga memberikan manfaat bagi sesama dengan meningkatnya kualitas akademik Prodi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya. Aamiin 

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,190,649

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp