Berita

LULUSAN PROGRAM STUDI TEKNIK KOMPUTER AKAN MEMPEROLEH GELAR A.Md.T Dan MTA

    Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang menjadi salah satu motor perjalannya era globalisasi dan  dicirikan oleh tingkat persaingan yang semakin ketat, menuntut semua pihak untuk senantiasa meningkatkan daya saing dalam upaya mempertahankan eksistensinya baik dalam sektor kehidupan ekonomi, sosial, politik, seni, budaya, maupun ideologi. Bangsa Indonesia, sebagaimana bangsa-bangsa lainnya di dunia, tidak punya pilihan lain kecuali menjadi bagian tak terpisahkan dari persaingan tersebut.

     Teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology - ICT) merupakan salah satu pendukung kinerja di dunia usaha dan dunia industri, akan tetapi SDM di bidang ICT masih terbatas baik kuantitas maupun kualitasnya. Sementara itu terciptanya masyarakat informasi telah menjadi paradigma global dalam perkembangan di bidang ekonomi, yang mengarah pada tatanan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan, sebagai jalan untuk menuju terwujudnya masyarakat yang berbasis pada pengetahuan (knowledge based society). Tatanan ekonomi tersebut merupakan tatanan yang dikembangkan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

     Setiap negara sedang berusaha sangat giat mendayagunakan ICT untuk meningkatkan akses, pengelolaan, dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat. Kebutuhan akan sumber daya manusia yang melek ICT (e-literate) semakin meningkat. Tantangan semakin nyata dengan berlakunya pasar bebas yang memungkinkan keluar masuknya tenaga kerja lintas batas negara. Saat itu tidak dimungkinkan lagi diskriminasi tenaga kerja melalui identitas kewarganegaraan. Diskriminasi yang terjadi adalah antara kaum profesional dan non-profesional yang ditentukan oleh kompetensi profesi yang dimilikinya.

     Program Studi Politeknik NSC Surabaya sebagai salah satu Pendidikan Tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, telah mempersiapkan para lulusannya untuk dapat menjadi Sumber Daya Manusia yang siap menjadi bagian dalam pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia

 

    Diantara langkah kongkret yang dilakukan adalah telah bekerjasama dengan salah satu perusahaan TIK untuk melakukan sertifikasi bergelar Microsoft Technogi Associate (MTA) dan diakui secara internasional.

    Program MTA (Microsoft Technology Associate) adalah sebuah Sertifikat dan Gelar Profesi IT resmi yang dikeluarkan oleh Microsoft bagi mereka yang menginginkan karir di bidang tehnologi. Dengan sertifikasi MTA ini dapat memberikan para pemegang sertifikat spectrum yang luas dan fundamental tehnis yang kuat di bidang tehnologi informasi. Sertifikat MTA dari Microsoft dilaksanakan di semua negara di dunia, oleh karena itu sertifikat ini diakui juga secara internasional. Dengan memiliki gelar MTA ini anda dapat memvalidasi pengetahuan tehnis anda sehingga dapat meningkatkan kredibilitas anda di bidang tehnologi informasi.

 

Dalam program MTA ini ada tiga penjurusan yang dipersiapkan yaitu:

1. 98-366: Networking Fundamentals

Mengerti infrastruktur jaringan ü Internet, intranet, extranet, LAN, WAN, wireless, topologies, access methods

Mengerti perangkat keras jaringan ü Switches, routers, media types

Mengerti protocol dan services ü OSI model, IPv4, IPv6, names resolution, networking services, TCP/IP

2. 98-361: Software Developer Fundamentals

Mengerti inti programming

Mengerti programming object-oriented

Mengerti development software umum

Mengerti aplikasi web

Mengerti aplikasi desktop

Mengerti database

3. 98-364: Database Fundamentals

Mengerti inti database

Mengerti database object-oriented

Mengerti memanipulasi data

Mengerti penyimpanan data

Mengerti pengelolaan database

Dengan demikian setelah lulusan dari Program Studi Teknik Komputer Politeknik NSC Surabaya, tidak hanya mendapat gelar AMD., T. saja akan tetapi ada tambahan gelar profesi yang diakui secara internasional yakni MTA.

Semoga langkah yang sudah di tempuh program studi Teknik Komputer Politeknik NSC Surabaya ini dapat meningkatkan daya saing dari lulusannya tidak hanya ditingkat lokal dan nasional akan tetapi mampu bersaing juga ditingkatan internasional.  

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,190,840

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp