Berita

BERKULIAH PADA PROGRAM STUDI PERHOTELAN... KENAPA TIDAK ?

 

     Berbicara tentang dunia perhotelan tidak akan terlepas dari dunia pariwisata. Saat ini pertumbuhan pariwisata Indonesia adalah sangat baik, melebihi pertumbuhan ekonomi nasional. Industri pariwisata Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan, pada tahun 2014 tercatat mencapai 9,39%, angka ini melebihi pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,7%. Berdasarkan data dar The Travel and Tourism Competitive Index yang dilansir World Economic Forum daya saing pariwisata Indonesia meroket hingga 20 peringkat, dari posisi 70 pada tahun 2013, melompat ke nomor 50 tahun 2015. Bisnis pariwisata di Indonesia cukup potensial mengingat Indonesia secara alami memiliki banyak potensi keindahan alam, keragaman dan keunikan budaya, serta biaya yang relatif murah.

     Berdasarkan riset yang dilakukan oleh HVS Global Hospitality Service, pada tahun 2012 jumlah perjalanan wisata di Indonesia mencapai sekitar 253 juta. Dari jumlah itu, sebanyak 245 juta dilakukan wisatawan domestik, dan 8 juta turis mancanegara atau mengalami peningkatan sekitar 5% dari tahun 2011. Diperkirakan jumlah perjalanan wisata Indonesia akan terus meningkat. Menurut estimasi HVS China & Southeast Asia, jumlah perjalanan wisata di Indonesia diperkirakan akan menjadi 400 juta pada tahun 2023. Dengan jumlah perjalanan wisata tersebut dibutuhkan 800 hotel baru, pertumbuhan hotel tersebut akan menciptakan 200.000 lapangan kerja baru.

     Data dari kementrian pariwisata menyatakan bahwa, Indonesia menempati peringkat ke-3 se-Asia dalam bidang pembangunan dan investasi perhotelan. Sudah kita rasakan di Surabaya khususnya, dalam kurun waktu 3 tahun (2012-2015) telah dibangun 100 Hotel, berdasarkan data dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia.

     Melihat kecenderungan tersebut kita tidak boleh menutup diri untuk tidak menjadi oportunis. Gambaran umum bersekolah pada program studi perhotelan adalah mahasiswa akan dibekali keterampilan soft skill dan hard skill yang meliputi Fron Office, House Keeping, F&B Service, F&B Product, Pastry, Bartending, Fruit & Vegetable Carving, Enterpreneurship. Kurikulum pada program studi perhotelan dibentuk dan direncanakan untuk mewujudkan visi program studi perhotelan yaitu menjadi mitra utama bisnis dalam menghasilkan lulusan yang profesional dibidang perhotelan yang berkualitas dan berdaya saing global.

     Selama ini masih ada paradigma bahwa sekolah perhotelan identik mencetak SDM sebagai pelayan hotel atau restoran. Politeknik NSC Program Studi Perhotelan berusaha mencetak SDM yang tidak hanya menjadi pelayan hotel atau restoran, melainkan mencetak manajer yang tangguh memilki kemampuan analisis yang andal dan profesional di bidangnya, serta menjadi pemikir dan perencana yang ampuh. SDM sektor pariwisata ditempatkan pada kedudukan untuk mengambil keputusan. Penting karena indonesia menjadi sektor pariwisata andalan.

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 32,919,202

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp