Berita

Saatnya Menentukan Pilihan. Kerja Atau Kuliah. Atau Kerja Sambil Kuliah

Pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA telah dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 7 Mei 2016. Selamat bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA yang telah dinyatakan Lulus. Merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan jika kita berhasil lulus dalam sebuah ujian apalagi ujian yang berskala nasional.

Siswa-siswi SMA/SMK/MA yang telah lulus UN, saat ini merupakan saat yang sangat menentukan dalam menentukan arah masa depan yang diinginkan. Lulusan SMA/SMK/MA memiliki beberapa alternatif pilihan yaitu:
1. Melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi dengan dibiayai orang tuanya  
2. Mencari pekerjaan karena orang tua tidak mampu membiayai kuliah
3. Mencari pekerjaan dan memiliki penghasilan untuk membiayai kuliahnya sendiri
4. Berwirausaha

Sebagai sebuah perguruan tinggi, Politeknik NSC Surabaya turut berperan serta dalam membantu lulusan-lulusan SMA/SMK/MA yang ingin melanjutkan kuliah dengan menyediakan program-program studi Diploma Tiga Teknik Komputer, Perhotelan, Akuntansi, dan Administrasi Niaga. Mengapa kuliah di Politeknik dan mengapa memilih program diploma tiga?
Di Politeknik metode perkuliahan berbeda dengan di universitas dan sekolah tinggi, karena di universitas dan sekolah tinggi, komposisi perkuliahan 60%-70& teori, dan 40%-30% praktek. Sedangkan di Politeknik, komposisi perkuliahan 60%-70% praktek, dan 40%-30% teori. Dengan komposisi yang demikian maka lulusan politeknik diharapkan untuk siap bekerja dibandingkan lulusan universitas dan sekolah tinggi.

Program diploma tiga merupakan program pendidikan tinggi yang membutuhkan waktu tiga tahun untuk menyelesaikan studi, lebih cepat satu tahun dari program sarjana yang membutuhkan mwaktu empat tahun untuk menyelesaikan studi. Dengan demikian kelebihan kuliah diploma tiga di politeknik yaitu lulusan akan lebih siap kerja dan masa studi yang lebih singkat. Berdasarkan hasil survey ke beberapa perusahaan mitra Politenik NSC, diperoleh informasi bahwa perusahaan-perusahaan lebih menyukai merekrut karyawan yang merupakan lulusan diploma tiga karena mereka lebih siap kerja.

Politeknik NSC Surabaya juga menyiapkan program bagi lulusan SMA/SMK/MA yang ingin mencari pekerjaan dan setelah memiliki penghasilan dapat membiayai kuliahnya, program tersebut bernama Kerja Dulu, Baru Kuliah. Program ini telah berjalan sejak tahun 2011 sehingga telah banyak mahasiswa NSC yang bekerja sambil kuliah. Untuk memperlancar proses pencarian pekerjaan bagi calon mahasiswa Politeknik NSC Surabaya, maka sejak tahun 2011 telah dibentuk suatu unit kerja yang bernama HUDERS (Human Development and Recruitment Services). HUDERS memiliki link-link dengan banyak perusahaan yang siap menampung calon-calon mahasiswa Politeknik NSC Surabaya untuk bekerja. Dalam perkembangannya, HUDERS juga membantu lulusan SMA/SMK/MA yang ingin mencari pekerjaan saja walau belum ingin kuliah karena banyaknya permintaan karyawan oleh perusahaan kepada HUDERS.

Nah, sekarang lulusan SMA/SMK/MA sudah memiliki banyak alternatif pilihan apakah akan kuliah saja, bekerja saja, atau bekerja sambil kuliah di Politeknik NSC Surabaya.

ekodir

Eko Tjiptojuwono, SE, MM

Direktur

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,195,590

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp