Berita

KUNJUNGAN MAHASISWA POLITEKNIK NSC SURABAYA KE KONSULAT JENDRAL JEPANG DI SURABAYA

     Menutup bulan Januari 2016, agenda kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Politeknik NSC Surabaya adalah kegiatan kunjungan ke Konsulat Jendral Jepang di Surabaya. Kegiatan kunjungan tersebut diikuti oleh mahasiswa dari keempat prodi Politeknik NSC Surabaya yaitu Teknik Komputer, Perhotelan, Administrasi Niaga dan Akuntansi. Kegiatan kunjungan ke Konsulat Jendral Jepang ini bertujuan agar mahasiswa Politeknik NSC Surabaya lebih mengenal tentang kebudayaan Negara Jepang dan mendapatkan informasi tentang beasiswa untuk melanjutkan studi atau kesempatan untuk bekerja di Negara Jepang.

      Di Konsulat Jendral Jepang kami disambut oleh perwakilan dari Bagian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Ibu Veronica dan Hiroshi-san yang merupakan orang asli dari Negara Jepang. Ibu Veronica dan Hiroshi-san memaparkan dan memperlihatkan video tentang kebudayaan Jepang di antaranya tentang berbagai festival dan acara-acara tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Jepang, kesenian tradisional, makanan, pakaian, tempat-tempat wisata di Jepang, dan tradisi yang dilakukan pada keempat musim yang ada di Jepang yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Hiroshi-san juga mengajarkan kami percakapan sederhana dengan mengunakan bahasa Jepang dan meminta kami untuk mempraktekkannya. 

     Selanjutnya Ibu Veronica memberikan informasi tentang Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho/MEXT). Beasiswa tersebut memberikan fasilitas seperti full biaya pendidikan, tunjangan hidup, tiket pesawat, dan bebas pengurusan visa belajar. Beasiswa pendidikan pemerintah Jepang terdiri berbagai jenjang antara lain:

1.    Specialized Training College (D-2)
Apa itu  Specialized Training College?  Sekolah yang manawarkan pelatihan praktis kejuruan bagi mereka yang telah lulus SMA yang berlangsung selama 2 tahun dan memberikan kemampuan tingkat tinggi yang diperlukan mahasiswa untuk pekerjaan serta akan diberikan sertifikat Technical Associate kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan pekerjaan.
2.    College of Technology (D3)
Program ini ditujukan kepada mereka yang berminat pada studi teknik. College of Technology memiliki program 5 tahun  dan menawarkan pendidikan yang setingkat SMA dan pendidikan umum universitas dengan studi teknik yang dimulai dari tahun pertama.
3.    Undergraduate (S1)
Program ini ditujukan kepada mereka yang berminat pada program S1. Terbuka untuk semua program studi dan dapat melanjutkan ke jenjang master biala berprestasi baik secara akademik.
4.    Teacher Training (Non-Gelar)
Program ini ditawarkan kepada guru yang aktif mengajar di sekolah formal (SD, SMP, SMA) baik itu dari sekolah negeri maupun swasta.
5.    Japanese Studies (Non-Gelar)
Program ini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang dan memperdalam tentang kebudayaan Jepang 
6.    Research Student (S2 dan S3)
Program ini adalah program matrikulasi dalam program pasca sarjana 

      Sistem seleksi dari Beasiswa Monbukagakusho (MEXT) meliputi seleksi dokumen, ujian tertulis, wawancara, dan seleksi akhir. Dan bagi yang belum bisa berbahasa Jepang jangan khawatir karena masa belajar dalam program beasiswa tersebut sudah termasuk 6 bulan-1tahun untuk belajar bahasa Jepang. Informasi lebih lanjut untuk Beasiswa dari Pemerintah Jepang bisa di dapatkan di Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang atau di Japan Student Service Organization (JASSO).

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,138,735

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp