Berita

KEGIATAN MICE MAHASISWA PROGRAM STUDI PERHOTELAN SURABAYA

          Pada tanggal 21 Januari 2016 bertempat di Politeknik NSC Surabaya, mahasiwa program studi perhotelan telah melaksanakan kegiatan praktek untuk menyelenggarakan MICE. Kegiatan MICE merupakan kegiatan yang diperuntukkan guna menyatukan para penyedia informasi dengan para penerima informasi. MICE adalah akronim dari meetings, incentives, conferences and exhibitions. Kegiatan ini terdiri dari 1) Meeting adalah acara terstruktur yang dapat menyatukan sekumpulan orang secara kolektif untuk mendiskusikan topik yang menjadi kepentingan bersama. 2) Incentives adalah kegiatan perjalanan yang semua biaya perjalanannya ditanggung oleh organisasi. 3) Conferences dapat diartikan sebagai suatu pertemuan partisipatif yang dirancang terutama untuk tujuan diskusi, mencari dan berbagi informasi, memecahkan masalah dan konsultasi. 4) Exhibitions  adalah kegiatan yang fokus utamanya adalah menciptakan hubungan antar bisnis, baik untuk mempromosikan produk baru maupun untuk mendapatkan klien baru.

         Kegiatan praktek ini dilakukan sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas Mata Kulia Manajemen Konvensi yang dimbing langsung oleh dosen pengampu mata kuliah yaitu Ibu Yuniawati Ekaningrum, SE., M.Sc. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa semester V (lima). Dalam mata kuliah ini dijelaskan tentang sejarah manajemen konvensi, pengertian Manajemen konvensi, pengertian meeting, incentive trip, conference dan exhibition, macam-macam kegiatan MICE, penggolongan kegiatan MICE, perusahaan-perusahaan dalam industri MICE, ruang lingkup organisasi penyelenggara konvensi, hotel konvensi dan membuat proposal kegiatan MICE serta tata cara membuat bidding (penawaran).

         Acara MICE yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Program Studi Perhotelan ini telah mampu menarik perhatian dan keikutsertaan para sivitas Politeknik NSC Surabaya. Terdapat 3 kegiatan yang diselenggarakan dalam kegiatan MICE ini yaitu 1) workshop, dengan tema “efek modifikasi penyajian makanan terhadap daya beli konsumen”. 2) seminar, dengan tema “motivasi meraih kunci sukses”. 3) exhibition, dengan tema “pengenalan singkat tentang perhotelan”. Diharapkan melalui kegiatan ini mampu memberi wawasan dan pengalaman kepada mahasiswa mengenai kegiatan MICE, meliputi konsep perencanaan serta penyelenggaraan kegiatan MICE, sehingga akan mengarah pada kemampuan mahasiswa untuk bisa menjadi suatu penyelenggara kegiatan wisata konvensi.

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,167,707

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp