Berita

Pelatihan Fasilitator SPAK

Sebanyak 5 mahasiswi program studi Administrasi Niaga dan 10 mahasiswa program studi Teknik Komputer ditemani 3 dosen tetap beserta Direktur Politeknik NSC Surabaya, mengikuti Program Pelatihan Fasilitator (Training of Trainers-ToT) SPAK (Saya, Perempuan Anti Korupsi) pada Sabtu, 23 Januari 2016. Program ini merupakan bagian dari kerjasama antara KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dengan Australian AID – Australian Indonesia Partneship for Justice dalam kerangka bersama ACCH (Anti-Corruption Clearing House, http://www.acch.kpk.go.id). Pemkot Surabaya merupakan Mitra KPK dalam pelaksanaan program ini. Melanjutkan kegiatan sebelumnya dimana 8 mahasiswi Prodi Administrasi Niaga bersama Ibu Umi Kustyowati, Kasubid Pelayanan Investasi BKPPM Pemkot Surabaya, sebagai Agen SPAK dari Pemkot Surabaya, berlatih menjadi fasilitator dalam games SEMAI (Sembilan Nilai Anti Korupsi) dalam acara PERTURA (Pertunjukan Rakyat, http://www.facebook.com/groups/937500852953509) Surabaya pada 16 Februari 2015 yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surabaya di Kecamatan Tegalsari Surabaya dan diikuti oleh pelajar-pelajar Sekolah Dasar di sekitar Surabaya.
Jika pada kegiatan sebelumnya, para mahasiswa terlibat memimpin games SEMAI, maka kali ini, bertempat di Politeknik NSC Surabaya Kampus 2 Pakuwon, pelatihan lebih menitikberatkan pada pengetahuan tentang apa itu korupsi dan peluang-peluang tindakan koruptif yang dilarang namun jarang diketahui oleh masyarakat awam khususnya perempuan, sebagai subyek utama program ini. Pokok bahasan mencakup pengenalan:
1.    Korupsi
2.    Suap
3.    Gratifikasi
4.    Tindak pidana pencucian uang
5.    Peran serta masyarakat, khususnya kaum perempuan

SPAK1
Hal-hal yang dibahas dalam acara yang berlangsung santai dan diselingi joke-joke menitikberatkan pada penanaman nilai-nilai anti korupsi sejak dini pada mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Nilai-nilai tersebut terangkum dalam SEMAI (Sembilan Nilai Anti Korupsi), yaitu:
1.    Kejujuran
2.    Kepedulian
3.    Kemandirian
4.    Keadilan
5.    Tanggungjawab
6.    Kerjasama
7.    Sederhana
8.    Keberanian
9.    Kedisiplinan

SPAK2

Di akhir acara, para peserta mendapatkan pin fasilitator SPAK dan Buklet tentang materi SPAK yang menarik disamping, tentu saja, berfoto bersama alias narsis. Dalam kesempatan tersebut dicapai kesepakatan antara Politeknik NSC Surabaya, dalam hal ini diwakili Direktur Politeknik NSC Surabaya, Bapak Eko Tjiptojuwono, SE, MM, dan Ibu Umi Kustyowati, SH, M.Hum, sebagai Agen SPAK, untuk lebih memperluas cakupan program SPAK ini di kampus kita tercinta, sehingga nantinya Politeknik NSC Surabaya dapat men-deklarasikan-kan diri sebagai Kampus Anti Korupsi.

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 32,923,962

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp