Berita

Standar Kompetensi Teknisi Akuntansi Penyelia.

Bidang profesi akuntansi penyelia sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) berada di jenjang kualifikasi IV (empat), sifat pekerjaannya bekerja sesuai dengan prosedur dan mandiri, serta bekerja dalam tim. Lingkup aktivitas melakukan kegiatan teknisi akuntansi penyelia yang berkaitan dengan penyajian laporan keuangan konsolidasi, mengelola cost, mengelola anggaran, mengelola pajak penghasilan, menyajikan kertas kerja pemeriksaan dan mengimplementasikan sistem komputer akuntansi. Jenis pekerjaan yang dilakukan antara lain: (1) penyaji laporan keuangan, (2) pengelola cost, (3) pengelola anggaran, (4) pengelola pajak penghasilan, (5) penyaji kertas kerja pemeriksaan, (6) pengimplementasi sistem komputer akuntansi.
Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. KEP. 43/ MEN/ III/ 2008 tentang penetapan standar kompetensi kerja nasional Indonesia sektor real estate, usaha persewaan dan jasa perusahaan sub sektor jasa perusahaan lainnya bidang jasa akuntansi dan perpajakan sub bidang teknisi akuntansi dalam rangka sertifikasi kompetensi kerja dan pengembangan pendidikan dan pelatihan profesi berbasis kompetensi di sektor real estate, usaha persewaan dan jasa perusahaan sub sektor jasa perusahaan lainnya bidang jasa akuntansi dan perpajakan sub bidang teknisi akuntansi, perlu penetapan standar kompetensi kerja nasional Indonesia sektor real estate, usaha persewaan dan jasa perusahaan sub sektor jasa perusahaan lainnya bidang jasa akuntansi dan perpajakan sub bidang teknisi akuntansi dengan keputusan menteri.
Untuk menetapkan standar kualifikasi kompetensi tenaga kerja tersebut harus mengandung rumusan kemampuan kerja pada bidang akuntansi mencakup knowledge, skills, and attitude. Jika seorang tenaga kerja dikatakan memiliki kompetensi harus memenuhi ketiga cakupan tersebut, yang disebut standar kompetensi kerja. Standar kompetensi teknisi akuntansi penyelia yang mana penguasan ilmu dan praktik akuntansi dan perpajakan merupakan unsur penting bagi tenaga kerja dalam dunia kerja Indonesia. Unsur tersebut tidak dapat dipisahkan dari kunci tenaga kerja, yaitu (1)  mengumpulkan, mengorganisasi, dan menganalisis informasi, (2) mengkomunikasikan ide dan informasi, (3) merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan, (4) bekerja sama dengan orang lain dan dalam kelompok, (5) menggunakan ide dan teknik matematika, (6) memecahkan masalah, dan (7) menggunakan teknologi.
   
Daftar unit-unit kompetensi :


 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,071,259

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp