Berita

Culinary Perhotelan Politeknik NSC Surabaya

Culinary sangatlah unik, kerena merupakan interaksi budaya dalam komunitas, dengan makanan sebagai pusat perhatiannya. Tiap daerah akan memilki jenis makanan khas yang tersendiri bergantung pada kondisi geografis, sosial ekonomi, kekayaan alam, dan kedaan alamnya. Culinary  merupakan kata dari bahasa inggris yang terkait dengan dapur atau makanan.  Profesi yang sering diasosiakan dengan cullinary adalah chef, yang merupakan pimpinan dalam departement Food and Bavarage, yang mempunyai tugas utama yaitu memproduksi makanan dan minumanyang menarik dan lezat.  Institusi yang terkait dengan penyedia makanan dan minuman ini antara lain adalah hotel, rumah sakit, perusahaan, catering dsb. 

Peran chef sebagai seorang pemimpin dapur menjadi sangat penting dan sentral, jadi dapat dikatakan chef adalah ahli makanan, pakar menyusun menu, pengatur strategi produksi, pemapar strategi bisnis dsb. Kondisi global serta persaingan yang tinggi menuntut chef memiliki banyak peran dalam manajeman dan proaktif dalam kebijakan-kebijakan bisnis yang menunjang perkembangan institusi. Profesi Chef menjadi profesi yang sangat penting dalam dunia bisnis culinary.

Kurikulum yang terdapat di D3 Prodi perhotelan politeknik NSC menghasilkan mahasiwa yang mampu berprofesi sebagai bchef. Materi culinary tercakup dalam beberapa mata kuliah antara lain Food production I, Food Production II, Manajemen Food Production, Pastry 1, dan Manajemen Pastry. Kami menyusun materi kuliah berdasarkan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) dan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Kami berfokus pada  pengembangan SDM berbasis kompetensi, yaitu SDM yang memiliki kompetensi dan kualifikasi nasional yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan dunia usaha atau industri Perhotelan, Pariswata, dan Restoran. Dengan integralnya kurikulum D3 Prodi perhotelan dengan KKNI dan SKKNI, diharapkan dapat mampu membangun link and match dengan dunia industri, sehingga saat mahasiwa melakukan sertifikasi profesi juga akan lebih mudah.

Telah dilaksanakan praktikum Mata Kuliah Manajemen Food Production pada hari Rabu 13 Februari 2016 dengan lancar oleh Mahasiswa Prodi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya. Kami mengajarkan semua masakan dan minuman yang ada didunia mulai dari kontinental, oriental, dan nusantara.

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,167,737

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp