Berita

Selamat Menempuh Kuliah Semester Gasal Tahun Akademik 2015/2016

Pada hari Senin, 28 September 2015, mahasiswa Politeknik NSC Surabaya telah memulai kuliah perdana semester gasal tahun akademik 2015/2016. Selamat datang mahasiswa baru Politeknik NSC Surabaya. Perkuliahan di semester gasal ini akan ditempuh sebanyak 14 (empat belas) kali pertemuan untuk setiap mata kuliah dan 2 (dua) kali ujian yaitu ujian tengah semester (UTS) setelah pertemuan ke-7 dan ujian akhir semester (UAS) setelah pertemuan ke-14.

Sebelum perkuliahan dimulai, mahasiswa harus melakukan pengajuan kartu rencana studi (KRS) kepada dosen pembimbing akademik (PA) yang telah ditentukan. Pengajuan KRS dilakukan secara online melalui sistem informasi akademik (SIAKAD), begitu pula persetujuan dosen pembimbing akademik juga dilakukan di SIAKAD. Penentuan dosen PA merupakan kewenangan masing-masing ketua program studi (kaprodi). Setelah mendapat persetujuan dosen PA maka mahasiswa yang bersangkutan secara otomatis akan terdaftar pada mata kuliah yang diprogramkan. Persyaratan pengajuan KRS oleh mahasiswa adalah setelah memenuhi kewajiban keuangan pada semester berjalan.

SIAKAD akan digunakan terus selama perkuliahan tidak hanya sebatas pengurusan KRS, namun juga digunakan dalam proses e-learning, interaksi dengan dosen pengajar, hingga proses penilaian yang kesemuanya dapat diakses melalui media mobile android. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa akan dapat mengetahui hasil penilaian yang diberikan oleh dosen berupa kartu hasil studi (KHS). Sistem penilaian yang digunakan menggunakan komposisi penilaian berdasarkan kriteria-kriteria: kehadiran (10%), tugas (10%), praktik (10%), keaktifan (10%), UTS (30%), dan UAS (30%). Mahasiswa dapat mengetahui nilai yang diperolehnya untuk masing-masing kriteria pada SIAKAD. Hasil akhir akumulasi penilaian berupa nilai huruf A, B, C, D, dan E. Hasil penilaian seluruh mata kuliah dalam 1 (satu) semester dinamakan Indeks Prestasi Semester (IPS), sedangkan hasil penilaian lebih dari satu semester dinamakan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Range indeks prestasi antara 0-4.

Sebagai sebuah perguruan tinggi yang berbentuk politeknik dimana proses pendidikannya berupa pendidikan vokasi, maka sistem perkuliahan yang dilaksanakan memiliki komposisi 60% praktik dan 40% teori. Dengan komposisi ini maka diharapkan mahasiswa akan memiliki skill yang lebih baik dibandingkan mahasiswa yang berada pada perguruan tinggi dengan jalur pendidikan akademis. Mahasiswa yang memiliki skill yang baik lebih dibutuhkan oleh dunia kerja. Pada masa era globalisasi saat ini, sumber daya manusia yang memiliki skill merupakan sarat mutlak agar dapat bersaing di dunia kerja, apalagi jika kompetensi yang dimiliki telah tersertifikasi baik secara lokal, nasional, dan bahkan internasional.

Mahasiswa Politeknik NSC Surabaya diharapkan memiliki skill dan kompetensi yang diakui dan dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri, sehingga agar dapat tercapai tujuan tersebut maka telah dirancang kurikulum yang up to date oleh masing-masing program studi sehingga setelah menjalani masa studi selama 3 (tiga) tahun tujuan tersebut akan dapat tercapai.

kuliah 2015

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,068,192

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp