Berita

Pemrograman Pada Dunia Nyata

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah program atau aplikasi komputer dalam dunia nyata misalnyauntuk dalam dunia kerja. Sebuah aplikasi yang kecil biasanya dapat dikerjakan oleh satu orang programmer saja namun untuk sebuah aplikasi besar yang kompleks misalnya membuat sebuah sistem manajemen sebuah tiket bioskop yang menghubungkan antara bank sebagai pihak yang menangani transfer pembayaran dan manajemen tiket bioskop biasanya dikerjakan secara tim yang bisa terdiri dari analis perangkat lunak yang menganalisis dan merancang sistem manajemen tiket, dokumentator yang mendokumentasikan proses pembuatan aplikasi, desainer antarmuka, dan beberapa programmer. Oleh karena itu, dalam pembuatan sebuah kode program biasanya ditetapkan beberapa standar seperti aturan menuliskan variabel, penulisan komentar pada kode program, dan beberapa aturan lainnya untuk memudahkan pembacaan kode program dan dokumetasinya.

Sebuah aplikasi yang berhasil digunakan biasanya akan memiliki masa perawatan (maintenance) dan pengembangan (development). Mengapa dikatakan berhasil digunakan, karena banyak aplikasi yang telah dibuat tapi tidak digunakan karena tidak sesuai dengan pemakai, hal ini sudah merupakan hal yang lumrah karena bagaimanapun pemakai adalah raja. Tahap perawatan dan pengembangan aplikasi misalnya menambah kemampuan aplikasi biasanya membutuhkan waktu lama, oleh karena itu dibutuhkan dokumentasi aplikasi yang baik karena banyak kemungkinan anggota tim yang membuat aplikasi itu akan berganti-ganti orang, dengan adanya dokumentasi yang baik, kode program akan mudah dipelajari. Pada saat sebuah aplikasi dibuat perubahan spesifikasi kemampuan aplikasi lumrah sering terjadi dan mungkin akan sering membuat seorang programmer jengkel karena harus terus mengubah program yang dibuatnya, tapi itu hal yang sangat wajar.

Sebuah aplikasi yang kompleks biasanya tidak lepas dari apa yang disebut dengan basis data. Basis data adalah sebuah aplikasi komputer yang digunakan untuk menyimpan data dan pengaksesan data. Pengaksesan data pada basis data biasanya menggunakan query SQL(Structured Query Language).

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,068,226

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp