Sparkling Surabaya merupakan logo, slogan, sekaligus visi dari kota Surabaya. Sparkling Surabaya adalah suatu konsep promosi untuk mengkomunikasikan bahwa Surabaya “berkilau”, karena gemerlap kotanya yang menuju kota metropolitan.
Akhir tahun 2015 Indonesia akan memasuki pasar bebas Asia Tenggara yang dikenal dengan sebutan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), tak terkecuali dengan kota Surabaya. Senjata utama untuk untuk mengahadapi MEA adalah menggalakkan upaya mencintai produk lokal dan budaya lokal. Dengan kecintaan terhadap produk dan budaya lokal, Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
Hal tersebut melatarbelakangi Politeknik NSC Program Studi Perhotelan untuk mengadakan suatu program yang mengajak masyarakat dan khususnya generasi muda untuk mencintai produk dan budaya lokal Surabaya. Untuk hal tersebut, perlu kiranya diadakan suatu acara yang bermanfaat dan mampu memperkenalkan produk dan budaya Surabaya, dalam sebuah acara yang menekankan pada perlombaan yang mengarah pada bidang peningkatan skill yaitu dengan mengadakan acara Fruits Carving Compettion.