Berita

Tipe Karyawan Yang Disukai Perusahaan

Dalam hubungan industrial antara karyawan dan perusahaan, posisi karyawan dan perusahaan seharusnya terlihat tidak bisa dibedakan oleh costumer maupun relasi atau bahkan masyarakat. Bisakah terjadi demikian, tentu bisa jika karyawan dan perusahaan sudah menyatu. Perilaku karyawan dapat mencerminkan bagaimana perusahaan itu dikelola, dan kemajuan perusahaan merupakan kemajuan karyawannya.

Di beberapa industri terutama industri jasa, banyak perusahaan sangat mengharapkan para karyawannya dapat mewakili produk yang dimiliki perusahaan itu dan bahkan dapat mewakili image perusahaan. Jika itu dapat direalisasikan maka perusahaan akan memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat dan akhirnya masyarakat akan mempercayakan pemenuhan kebutuhannya kepada perusahaan melalui karyawan perusahaan tersebut.

Tentunya tidak semua karyawan dapat memenuhi harapan perusahaan, untuk itu selalu diperlukan pendidikan, pelatihan, dan pengembangan karyawan agar knowledge, skill, dan attitude karyawan menjadi semakin baik dari hari ke hari. Kualitas karyawan tidak hanya ditentukan saat karyawan tersebut telah bekerja di perusahaan, namun juga dipengaruhi base knowledge, base skill, dan  base attitude ditambah dengan experience yang dimiliki pada saat karyawan mengikuti seleksi penerimaan karyawan (reqruitment) di perusahaan. Sebagian perusahaan bahkan memperhatikan pula track record calon karyawan di perusahaan sebelumnya dengan melakukan crosscheck ke beberapa pihak terkait tentang masa lalu calon karyawan. Memang tidak mudah untuk memperoleh karyawan yang benar-benar berkualitas apalagi dengan offering salary yang tidak kompetitif yang ditawarkan perusahaan.

Pada dasarnya, perlu diketahui beberapa prinsip dasar karyawan yang disukai oleh perusahaan. Berikut beberapa hal mendasar yang harus dipelajari dan dilakukan oleh seseorang jika ingin mudah diterima bekerja dan juga bagi karyawan yang sudah bekerja sebagai bahan evaluasi dan instropeksi untuk pengembangan diri. Perusahaan suka karyawan yang:

  1. Jujur dan baik hati
  2. Mengerti, memahami, dan memberikan apa yang perusahaan harapkan
  3. Memahami bahwa kemajuan perusahaan dapat meningkatan kesejahteraan bagi karyawan
  4. Memiliki learning attitude yang tinggi sehingga bermanfaat bagi perusahaan
  5. Memiliki interpersonal skill yang baik sehingga mudah berkomunikasi dengan atasan, rekan kerja, bawahan, dan juga customer
  6. Memiliki perhatian untuk menjaga kesehatan dan penampilannya
  7. Total dalam bekerja, tidak memiliki usaha sampingan, atau membuat perusahaan dalam perusahaan
  8. Selalu berpikir jangka panjang
  9. Tidak ada niat korupsi, kolusi, dan nepotisme
  10. Memiliki ide-ide cemerlang dan inovatif serta mampu melaksanakannya demi kemajuan perusahaan
  11. Tidak suka mengakui keberhasilan pekerjaan orang lain sebagai hasil pekerjaannya
  12. Bekerja untuk menafkahi keluarganya, bukan untuk berfoya-foya
  13. Tidak konsumtif
  14. Menjalankan perintah agamanya dengan baik
  15. Disiplin dan memiliki kemampuan time management yang baik
  16. Selalu tanggap dan cepat serta cerdas dalam mengatasi komplain atau masalah lainnya
  17. Tidak membawa masalah pribadi ke perusahaan
  18. Tidak suka iri, dengki, dan sombong
  19. Selain result oriented juga memperhatikan kualitas proses dalam mencapai tujuan perusahaan
  20. Dan lain-lain

Banyak juga ya hal-hal yang disukai perusahaaan dari karyawannya. Namun jika itu bisa ditunjukkan karyawan kepada perusahaan maka perusahaan akan memberikan kepercayaan dan tanggungjawab yang semakin besar dari hari ke hari, dan mungkin karyawan akan dipercaya menjadi leader di perusahaan pada saatnya nanti. Itulah beberapa hal yang disukai perusahaan dari karyawannya, tidak semuanya, dan tentunya akan berbeda intensitasnya antara setiap perusahaan tergantung pada profesionalisme perusahaan, besar kecilnya perusahaan, pemilik perusahaan, leader di perusahaan, dan visi perusahaan. Semoga bermanfaat.

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,065,655

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp