Berita

HIBAH PENELITIAN INTERNAL POLITEKNIK NSC SURABAYA

Pada hari jumat, tanggal 7 November 2014, politeknik NSC Surabaya memiliki agenda sosialisasi hibah penelitian internal untuk para dosen tetap. Dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, yayasan Pendidikan Fajar Enesce memberikan hibah kepada para dosen tetap Politeknik NSC Surabaya untuk mengajukan proposal penelitian yang layak dan berkualitas, dimana akan dilakukan seleksi, bagi yang lolos seleksi akan mendapatkan hibah penelitian dari yayasan. Adapun jumlah penelitian yang didanai oleh yayasan sejumlah delapan proposal. Dalam hal ini kompetisi dalam mendapatkan hibah tersebut akan menumbuhkan ghirroh (kemauan) para dosen untuk meneliti.

Penelitian merupakan salah satu komponen Tri Dharma Perguruan Tinggi, setiap dosen di semua perguruan tinggi, termasuk di Politeknik NSC Surabaya diwajibkan untuk melakukan kegiatan penelitian. Sampai saat ini terdapat sekitar 20 dosen di Politeknik NSC Surabaya yang berpotensi dan harus melaksanakan kegiatan penelitian untuk memenuhi kewajiban melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut. Untuk mewadahi potensi tersebut, maka Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik NSC Surabaya (P3M) berupaya menyelenggarakan dan menyalurkan kegiatan penelitian baik pada lingkup penelitian internal (pendanaan dari Politeknik NSC Surabaya) maupun  penelitian eksternal (pendanaan dari luar Politeknik NSC Surabaya). 

Penelitian internal di Politeknik NSC Surabaya sudah berlangsung sejak tahun 2010 dengan program dan pendanaan yang terus disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan dan kualitas penelitian yang dihasilkan.  Di lain pihak, untuk memperoleh dana penelitian dari lembaga atau institusi di luar Politeknik NSC Surabaya seperti DP2M-DIKTI dan lain-lain yang tingkat kompetitifnya semakin ketat. Oleh karena itu, pengelolaan program penelitian harus terus ditingkatkan agar persiapan yang dilakukan oleh para dosen sebagai peneliti mulai dari penyusunan proposal, seminar proposal sampai penyusunan laporan hasil penelitian  kualitasnya semakin baik dan peluang untuk memperoleh dana penelitian eksternal juga semakin tinggi.

Awal tahun 2011 Dirlitabmas Jendral Pendidikan Tinggi sebagai salah satu institusi penyedia dana penelitian telah mengeluarkan kebijakan akan pentingnya Payung Penelitian dan setiap Perguruan Tinggi perlu mempersiapkan Rencana Induk Penelitian. Untuk itu, P3M - Politeknik NSC Surabaya juga  perlu melakukan penyesuaian dengan menerbitkan buku pedoman penelitian yang lebih akomodatif. Pedoman penelitian ini merupakan bagian dari harapan P3M - Politeknik NSC Surabaya untuk selalu mengikuti perkembangan mutakhir di bidang penelitian, agar setiap dosen dapat selalu berinteraksi dan terjun langsung dalam pelaksanaan penelitian dengan mengacu pada kondisi nyata dunia penelitian dewasa ini.


NB : next agenda ; hibah penelitian untuk mahasiswa Politeknik NSC Surabaya 

 

 

 

Saifuddin, M.SM.

P3M

 

 

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,190,842

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp