Berita

Sistem Penjaminan Mutu Internal Politeknik NSC

A. Pengertian Sistem Penjaminan Mutu Internal Politeknik NSC Surabaya

Kegiatan penjaminan mutu perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi itu sendiri (internally driven), dilakukan untuk mengawasi penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berkelanjutan (continuous improvement).Dalam arti bahwa SPMI Politeknik NSC Surabaya dilaksanakan dan diawasi secara mandiri oleh semua unit/komponen kerja yang ada di Politeknik NSC Surabaya dan diaudit oleh bagian penjaminan mutu internal yang telah dibentuk.

B. Bagian Penjaminan Mutu Internal (BPMI) Politeknik NSC Surabaya

Merupakan unit kerja khusus yang dibentuk untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pada Politeknik NSC Surabaya sesuai acuan standar yang telah ditetapkan.

C. Landasan hukum BPMI Politeknik NSC Surabaya

Surat Keputusan Direktur Politeknik NSC Surabaya

D. Visi dan Misi BPMI Politeknik NSC Surabaya

Visi Bagian Penjaminan Mutu Internal (BPMI):
Menjadi unit kerja kendali mutu terbaik pada perguruan tinggi.

Misi Bagian Penjaminan Mutu Internal (BPMI):

  1. Menetapkan standar kegiatan yang sesuai dengan peraturan pendidikan baik internal maupun eksternal
  2. Menetapkan dan melaksanakan sistem monitoring dan evaluasi yang sesuai dengan norma-norma dan aturan kependidikan


E. Tugas BPMI Politeknik NSC Surabaya

  1. Menyiapkan data dari semua unit kerja yang ada di Politeknik NSC Surabaya
  2. Merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan SPMI Politeknik NSC Surabaya
  3. Menyusun dokumen-dokumen mutu dan perangkat yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan SPMI Politeknik NSC Surabaya
  4. Melakukan koordinasi pelaksanaan SPMI Politeknik NSC Surabaya
  5. Memantau, menilai, mengaudit dan mengevaluasi pelaksanaan SPMI Politeknik NSC Surabaya
  6. Melakukan kajian - kajian terhadap pelaksanaan penjaminan mutu pada unit kerja dan menyampaikan hasil auditnya kepada Direktur Politeknik NSC Surabaya dengan tembusan sebagai masukan untuk Senat Politeknik NSC Surabaya

F. Fungsi BPMI Politeknik NSC Surabaya

  1. Memberikan informasi dan konsultasi terkait kegiatan pada unit kerja di Politeknik NSC Surabaya
  2. Bagian Penjaminan Mutu Internal (BPMI) bertanggungjawab menyelenggarakan sistem penjaminan mutu internal secara keseluruhan di Politeknik NSC Surabaya dan mencapai indikator - indikator kinerja sesuai target yang telah ditetapkan.
  3. Mengembangkan sistem penjaminan mutu internal yang berkelanjutan (Continuous Quality Improvement) di Politeknik NSC Surabaya
  4. Memberikan layanan konsultasi, pendampingan dan kerjasama dalam bidang penjaminan mutu perguruan tinggi.
  5. Mengembangkan sistem informasi penjaminan mutu yang up to date dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.


G. Organisasi BPMI Politeknik NSC Surabaya

BPMI dipimpin oleh kepala BPMI dan dibantu oleh 4 (empat) orang auditor. Unsur-unsur penunjang dalam pelaksanaan penjaminan mutu internal adalah seluruh unit kerja di Politeknik NSC Surabaya.

H. Mekanisme Sistem Penjaminan Mutu Internal Politeknik NSC Surabaya

Upaya peningkatan mutu secara terus menerus yang dilakukan di Politeknik NSC Surabaya diharapkan akan menumbuhkan budaya mutu sehingga akan tercapai peningkatan standar yang berkelanjutan (continous quality improvement). Salah satu model manajemen kendali mutu yang dapat digunakan adalah model PDCA (Plan, Do, Check, Action), yang menghasilkan pengembangan yang berkelanjutan (continuous improvement) atau kaizen mutu perguruan tinggi.

bpmi1bpmi2

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,172,253

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp