Berita

Sistem Rekrutmen Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

A. Sistem rekrutmen dan seleksi SDM
Sistem perekrutan Sumber Daya Manusia (SDM) di Politeknik NSC Surabaya (dosen dan tenaga kependidikan) mengikuti mekanisme perekrutan yang ditetapkan oleh Yayasan Pendidikan Fajar Enesce. Untuk mendapatkan SDM yang berkualitas guna mendukung Visi, Misi, dan Tujuan Politeknik NSC Surabaya dilakukan dengan berbagai strategi, diantaranya dengan cara memasang iklan lowongan kerja di media cetak lokal, rekomendasi dari teman sejawat. Tahapan perekrutan dibagi dalam dua jenis, yaitu :


1. Rekrutmen Dosen
Sistem perekrutan/seleksi dosen adalah proses perekrutan dosen baru guna memenuhi keseimbangan rasio antara dosen dan mahasiswa. Perekrutan dosen dilakukan oleh tim rekrutmen yang terdiri dari unsur pimpinan, ketua program studi dan dewan dosen. Dalam proses perekrutan, setiap calon dosen yang lolos seleksi administrasi harus mengikuti 2 (dua) tahap yaitu tahap pertama berupa wawancara dan tahap kedua berupa micro teaching. Tim rekruitmen akan memberikan penilaian terhadap calon dosen berdasarkan indikator penilaian dari setiap tahap. Indikator penilaian untuk tahap wawancara terdiri dari rekoqnisi pembelajaran lampau (RPL), motivasi menjadi dosen, komunikasi, pengalaman leadership, pengetahuan tentang penelitian dan penguasaan teknologi. Sedangkan indikator penilaian dalam micro teaching terdiri dari penampilan, cara penyampaian materi, intonasi, penguasaan materi, eye contact, dan penguasaan audience. Berdasarkan hasil penilaian, tim rekrutmen memberikan rekomendasi kepada Direktur untuk mengusulkan calon dosen yang lolos seleksi kepada Yayasan. Keputusan diterima atau tidaknya calon dosen tersebut merupakan wewenang dari yayasan.


2. Rekrutmen Tenaga Kependidikan
Sistem perekrutan/seleksi tenaga kependidikan adalah proses perekrutan karyawan baru atas kekosongan atau penambahan staf disetiap bagian/unit yang ada di Politeknik NSC Surabaya. Perekrutan dosen dilakukan oleh tim rekrutmen yang terdiri dari Direktur, Asisten Direktur Bidang Administrasi Umum dan Keuangan serta Kepala Bagian atau Unit dari yang membutuhkan karyawan. Dalam proses perekrutan, setiap calon karyawan yang lolos seleksi administrasi harus mengikuti  tahap seleksi berikutnya berupa wawancara. Tim rekruitmen akan memberikan penilaian terhadap calon karyawan berdasarkan indikator penilaian. Indikator penilaian dalam wawancara tersebut meliputi knowledge tentang perguruan tinggi dan bagian/posisi yang dilamar, skill, attitude dan value added. Berdasarkan hasil penilaian, tim rekrutmen memberikan rekomendasi kepada Direktur untuk menerima calon karyawan untuk diangkat sebagai karyawan Politeknik NSC Surabaya dengan masa kontrak 1 (satu) tahun. Setelah masa kontrak berakhir, maka karyawan akan dievaluasi kinerjanya, jika kinerjanya baik maka akan diusulkan ke Yayasan untuk diangkat sebagai karyawan yayasan.

B.  Pengelolaan SDM
Penempatan SDM di Politeknik NSC Surabaya berdasarkan kesesuaian kompetensi personal hasil mapping, kualifikasi pendidikan, hasil wawancara yang dibutuhkan pada posisi yang akan ditempati. Selain itu, pada saat rekruitmen staff baru baik untuk dosen maupun tenaga kependidikan juga sudah sesuai dengan kualifikasi posisi yang akan ditempati. Proses rotasi tenaga kependidikan yang selama ini dilakukan juga mempertimbangkan kesesuaian antara kompetensi personal dan kualifikasi jabatan yang tertuang dalam job description & job specification.

C.  Peraturan kerja dan kode etik
Peraturan kerja dan kode etik tercantum dalam Pedoman Tata Krama & Kode Etik Dosen Politeknik NSC Surabaya yang merupakan pedoman pelaksanaan ketentuan yang berlaku di Politeknik NSC Surabaya. Peraturan kerja yang tercakup dalam Pedoman Tata Krama & Kode Etik Dosen diantaranya adalah :
1. Ketentuan umum;
2. Etika dosen;
3. Hak dan Kewajiban;
4. Tata krama pergaulan dan tanggung jawab;
5. Pelanggaran;
6. Penegakan kode etik dan sanksi.
Peraturan kerja dan kode etik ini digunakan sebagai panduan dalam pelaksanaan kerja dosen. Peraturan kerja dan kode etik ini juga akan membantu para dosen dalam mekanisme belajar mengajar.   

D.  Pembinaan dan pengembangan SDM
Pembinaan dan pengembangan SDM (dosen dan karyawan) di Politeknik NSC Surabaya dilakukan oleh bagian Sumber Daya Manusia sebagai perpanjangan tangan dari Politeknik NSC Surabaya dan Yayasan Pendidikan Fajar Enesce, karena pada dasarnya dosen dan tenaga kependidikan tersebut adalah milik Politeknik/Yayasan.
Kebijakan Politeknik NSC Surabaya untuk meningkatkan kompetensi SDM dilakukan melalui peningkatan jenjang pendidikan.  Dosen dan karyawan didorong dan difasilitasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.  Bentuk fasilitas dari pihak Politeknik NSC Surabaya bagi dosen  karyawan dan yang melakukan studi lanjut berupa fleksibiltas dalam jam kerja.  Sampai dengan saat ini Politeknik NSC Surabaya telah memberikan kesempatan kepada dosen dan karyawan Politeknik NSC Surabaya untuk mengikuti program ijin/tugas belajar pada program Sarjana sebanyak 4 orang, Magister sebanyak 3 orang dan program Doktoral sebanyak 3 orang.
Tahapan pengembangan dosen lainnya dilakukan melalui berbagai kegiatan, baik yang diadakan oleh internal maupun eksternal Politeknik NSC Surabaya. seperti: pelatihan pekerti, Aplied Approach (AA), pengiriman worksop penelitian yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah VII Jawa Timur serta mengikuti seminar. Sedangkan untuk karyawan (tenaga kependidikan), pengembangannya dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti: seminar, workshop, dan pelatihan-pelatihan yang relevan dengan tugas dan bidang kerja karyawan yang bersangkutan.

E.  Keberlanjutan SDM
Dalam rangka pemenuhan SDM, Pimpinan Politeknik NSC Surabaya memiliki kebijakan untuk merekrut dosen dan atau tenaga kependidikan, sehingga jumlah SDM dapat terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan dan dapat dijaga keberlanjutannya. Dosen juga didorong untuk mendapatkan beasiswa guna melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi khususnya S2 dan S3 sehingga kualifikasi dosen yang ada di Politeknik NSC Surabaya akan selalu ditingkatkan mutunya.

wis

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,071,316

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp