Berita

Persiapan Akademik Sebelum Perkuliahan Dimulai

Penyelenggaraan program pendidikan di Politeknik menganut sistem paket semester. Satu tahun akademik terdiri dari dua semester yaitu semester gasal dan semester genap, satu semester terdiri dari 16 kali pertemuan yang termasuk didalammya adalah Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
Kegiatan akademik selain perkuliahan adalah magang, praktik kerja lapangan, dan wisuda. Magang pada instansi atau perusahaan adalah kegiatan sifatnya opsional dan dilaksanakan pada akhir tahun pertama. Praktik kerja Lapangan 1 dan 2 wajib dilaksanakan oleh mahasiswa. Praktik Kerja Lapangan 1 dilaksanakan pada akhir tahun kedua dan harus membuat Laporan Praktik Kerja Lapangan, sedangkan Praktik Kerja Lapangan 2 dilaksanakan pada akhir tahun ke tiga dengan membuat Tugas Akhir.
Pelaksanaan pembelajaran dilakukan lima hari kerja dalam satu minggu, dan dilaksanakan pada pagi hari dimulai pukul 08.00  sampai 13.00 WIB, dan sore hari dimulai pukul 18.00 sampai 22.00 WIB.
Perkuliahan dilaksanakan sesuai dengan kalender akademik yang dibuat pada setiap awal tahun akademik, jadwal perkuliahan disusun dan ditetapkan oleh Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) atas dasar masukan dari Ketua Program Studi. Pelaksanaan perkuliahan dapat dilakukan di kelas maupun praktik di laboratorium sesuai dengan silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP). Sehingga sebelum perkuliahan dimulai dosen pengampu mata kuliah harus menyusun RPP berdasarkan format RPP yang telah ditentukan oleh Politeknik NSC Surabaya. RPP disusun oleh dosen pengampu mata kuliah.
Sistem penjaminan mutu pembelajaran yang diterapkan di Politeknik NSC Surabaya mengacu pada standar yang telah di buat oleh Bagian Penjaminan Mutu Internal (BPMI). Dimana sistem penjaminan mutu pembelajaran dimulai disetiap semester sebelum perkuliahan dimulai.
Disetiap awal semester ketua program studi membuat usulan dosen pengajar sesuai dengan mata kuliah di semester berjalan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan dan diajukan ke Asisten Direktur I bidang akademik dan kemahasiswaan guna dilakukan kontrol terhadap kompetensi dosen pengajar mata kuliah yang diusulkan. Untuk melakukan kontrol kesesuaian kompetensi pengajar maka Asisten Direktur I bidang akademik dan kemahasiswaan akan melihat curiculum vitae dari tiap-tiap dosen apakah sudah sesuai dengan mata kuliah yang diajarkan. Setelah usulan dosen pengajar disetujui, maka Asisten Direktur I bidang akdemik dan kemahasiswaan akan menyampaikan ke BAAK untuk dibuatkan jadwal perkuliahan selama satu semester.
Selanjutnya setelah jadwal selesai dibuat oleh BAAK, maka akan diadakan rapat dosen yang dipimpin langsung oleh Direktur Politeknik NSC Surabaya atau bagian terkait yang ditunjuk dan ditugaskan oleh Direktur Politeknik NSC Surabaya. Rapat dosen yang dilakukan dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada dosen pengajar tentang hak dan kewajiban serta tata tertib dosen dan panduan-panduan yang ada di Politeknik NSC Surabaya guna meningkatkan pelayanan di lingkungan Politeknik NSC Surabaya.
Proses pembelajaran yang diterapkan di Politeknik NSC Surabaya menggunakan pendekatan student-centered leaning dan pemanfaat e-learning dalam proses pembelajaran yang telah di tetapkan dalam Surat Keputusan Direktur.
Dalam proses pengajaran, dosen berkewajiban mempersiapkan perangkat mengajar yang berpedoman pada silabus yang telah diberikan oleh masing-masing Ketua Program Studi.
Dari Silabus yang diberikan dosen pengajar diminta untuk menguraikan dan menuangkan dalam bentuk RPP selama 14 kali perkuliahan, dan membuat kontrak perkuliahan yang disampaikan pada saat pertemuan pertama dan ditandatangani oleh ketua kelas dan dosen pengajar sebagai kesepakatan proses belajar mengajar selama satu semester.
Penyusunan RPP dan kontrak kuliah harus disusun berdasarkan standar penulisan yang telah dibuat oleh BPMI dan berdasarkan hasil evaluasi terhadap RPP yang telah dilakukan oleh Ketua Program Studi. Dalam kegiatan proses belajar mengajar Bagian Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) mempersiapkan presensi perkuliahan bagi mahasiswa dan dosen, persiapan mengajar, dan kebutuhan proses pembelajaran lainnya.

Rapat dosen

Suasana Rapat Dosen

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,067,339

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp