Berita

Pentingnya Courtesy Di Hotel

PENTINGNYA COURTESY DI HOTEL

Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya mempersiapkan lulusan-lulusannya tidak hanya Ketrampilan/Skill, Pengetahuan/Knowledge tetapi juga softskill. Guna mempersiapkan ke 3 unsur diatas dalam setiap mata kuliah yang disampaikan selalu ada muatan softskill, salah satu muatan softskill yaitu sopan santun/Courtesy. 
Banyak dibicarakan orang bahwa courtesy (sopan-santun) itu penting di dalam bisnis perhotelan. Namun demikian, ternyata banyak orang yang tidak tahu bagaimana melaksanakannya dengan baik dan benar.
Orang yang berhak untuk menilai apakah seseorang sudah berlaku sopan adalah orang lain. bukan orang yang merasa telah berlaku sopan itu. sering terjadi walau kita sudah berusaha untuk berlaku sopan kepada orang lain, namun ternyata orang itu justru merasakannya sebagai hal yang lain. Kita mungkin telah berusaha untuk memberikan senyum yang tulus kepadanya, namun ternyata orang itu justru marah-marah kerenanya. baru kita tahu bahwa senyum tulus yang kita tampilkan ternyata nampak sinis dimata orang itu. Di dalam courtesy, tingkat kepuasan dari tamu itu berbeda-beda, courtesy kepada orang per orang seharusnya dilakukan secara berbeda pula, disesuaikan dengan situasi, kondisi, dan keinginan orang itu. Kita tidak dapat memperlakukan semua tamu dengan cara yang sama karena setiap tamu ingin dihargai sebagaimana yang dia mau.
Courtesy merupakan suatu tanggapan yang muncul pada saat seseorang berhubungan dengan orang lain. Dalam hubungannya dengan hotel, hubungan yang terjalin antara petugas hotel dengan tamunya sering tanpa dipersiapkan terlebih dahulu. Tetapi lebih banyak muncul dari sikap spontan. Jadi sudah seharusnya pegawai hotel selalu berusaha untuk mengasah dan mengembangkan sikap-sikap spontan itu sehingga mampu untuk selalu mengekpresikan sikap spontan yang membuat orang lain merasa senang. Di sini pikiran yang bersih dan pola pikir positif akan dapat memunculkan kebiasaan yang positif, baik di dalam mengutarakan pendapat ataupun di dalam bertindak. Courtesy tidak hanya diperlukan saat berinteraksi dengan tamu, tetapi juga sangat penting dalam pergaulan sesama pegawai. Courtesy mampu membina hubungan antar pegawai yang kompak, dapat menjaga kesatuan dan persatuan mereka demi suksesnya bisnis hotel, tanpa melihat pegawai itu bekerja dibagian Back of The House ataupun di Front of The House.
Melihat dari hal tersebut diatas sopan santun/courtesy tidak bisa dilakukan secara mendadak tetapi harus dilakukan dengan cara berlatih setiap hari. 

riris

riris1

Riris Yuniarsih

Asisten Direktur I

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,195,578

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp