Berita

Peringkat Politeknik NSC Surabaya Di TESCA

TeSCA adalah sebuah program self assessment untuk mengukur pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) perguruan tinggi di Indonesia dengan menggunakan metode “ZEN Framework” yang akan mengukur beragam komponen mulai dari infrastuktur, aplikasi, sumberdaya manusia, hingga komponen kebijakan dan sebagainya. TeSCA diinisiasi oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk bekerjasama dengan Dirjen Perguruan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dewan Teknologi dan Komunikasi Nasional (Detiknas), dan Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom).

tesca1

Sedangkan “ZEN Framewok” adalah suatu metodologi self assessment yang dikembangkan tiga profesor yang juga bertindak sebagai Dewan Juri TeSCA, yaitu : Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D, Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit, dan Prof. Ir. Nizam MSc., Ph.D.

tesca2

Metode ini tersusun atas delapan parameter penilaian yaitu :  (1) Suprastruktur Kampus, (2) Infrastruktur Teknologi, (3) Profil Pemangku Kepentingan, (4) Ragam Pemanfaatan Aplikasi, (5) Strategi Pendidikan Nasional, (6) Dampak dan Manfaat Penerapan Teknologi, (7) Komunitas Eksternal dan (8) Adopsi Trend.

Selanjutnya dari delapan parameter tersebut, dikembangkan ke dalam 39 sub parameter, yang kemudian diwujudkan menjadi 120 buah pertanyaan / kuesioner yang terkait pengukuran dan perkembangan pemanfaatan TIK di perguruan tinggi. (http://tescaindonesia.org/content/read/about-tesca/about-tesca)

elearning

Walaupun di tahun-tahun sebelumnya Politeknik NSC Surabaya belum terdaftar dalam penilaian TESC, namun pada tahun 2013 yang lalu peringkat Politeknik NSC Surabaya menurut penilaian TESCA mulai berada di peringkat 329. Dan untuk tahun 2014 ini Politeknik NSC Surabaya optimis untuk meningkatkan peringkatnya, dengan selalu berinovasi dalam pemanfaatan TIK di dalam proses pembelajarannya guna menjadi smart campus yang dapat dipercaya oleh masyarakat. Optimisme itu terbangun karena adanya dukungan yang kuat dari jajaran pimpinan Perguruan Tinggi Politeknik NSC Surabaya dan komitmen yang tinggi dalam proses pengembangan TIK kampus.

 

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,167,759

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp