Berita

KUALIFIKASI UMUM UNTUK MENJADI KARYAWAN USAHA JASA

Artikel, Kampus Politeknik NSC di Surabaya

Kualifikasi umum untuk menjadi karyawan usaha jasa, diantaranya :

a. Memiliki kemampuan bahasa internasional (English dan lain-lain)

b. Memiliki sifat yang mendasar dalam kepribadian

Sebagai karyawan yang baik, harus memiliki sikap dasar yang dapat membawa keberhasilan perusahaan dan juga bagi karyawan itu sendiri

Sebagai landasan utama untuk karyawan di dalam usaha jasa hotel atau Biro Perjalanan Umum, harus memiliki sikap-sikap sebagai berikut :

1. Ready to Serve, Setiap karyawan harus selalu siap dan sanggup melaksanakan tugas pelayanan, yaitu tugas yang menjadi tanggung jawabnya, kesanggupan melaksanakan tugas dengan rela, baik secara moral maupun secara phisik.

2. Ability To Serve, adanya kemauan adalah dasar bagi suatu keberhasilan. Sebagai karyawan usaha jasa yang melayani berbagai tabiat, karakter sifat tamu dari berbagai suku, ras, bangsa negara dan lain-lain, harus dipelajari untuk kemudian diketahui bagaimana kebiasaan dan apa kesenangan tamu tersebut, agar dengan demikian dapat dilakukan pelayanan yang sesuai dengan memberi kepuasan bagi tamu.

3. Be Happiness, Industri jasa hotel dan pariwisata yang menjual service (pelayanan) memerlukan keceriaan dari karyawan. Roman muka yang ceria merupakan cermin kebahagiaan yang menyenangkan untuk memberi kepuasan bagi tamu yang dilayani. Ceria juga menandakan kesenangan karyawan tersebut melaksanakan tugas, dan bila tugas dikerjakan dengan senang hati akan membuat suasana menyenangkan dan pada akhirnya akan memberi kebahagiaan bagi tamu yang dilayani.

4. Cooperative, Hubungan yang baik dan serasi harus dilakukan antara sesama karyawan, dan oleh karyawan dengan management. Untuk menciptakan hubungan yang serasi, segala tindak dan gerak karyawan dan management harus dilandasi oleh falsafah negara kita Pancasila.

Beberapa sikap yang perlu dilaksanakan oleh setiap karyawan-karyawan untuk menjamin hubungan baik antar karyawan, adalah :

a. Dalam setiap pergantian tugas harus tepat waktu, jangan suka terlambat (be on time)

b. Jangan mengganggu teman yang sedang melakukan pekerjaan

c. Bersikap hormat dan saling menghargai dalam setiap tindakan

d. Menunjukkan contoh yang baik dalam setiap tindakan

e. Jangan emosi dalam menghadapi setiap persoalan, dan jangan bertindak di luar ketentuan perusahaan

f. Selalu menjaga rahasia pribadi sesama rekan kerja

g. Selalu menjaga rahasia perusahaan dengan sebaik-baiknya

h. Hilangkan rasa mementingkan diri sendiri, dan pupuk rasa persatuan (jangan egois)

i. Lakukan kerja sama, koordinasi dan komunikasi yang terus menerus dan jangan sampai hubungan terputus

j. Taati atasan dan seluruh aturan maupun peraturan tertulis maupun lisan

5. Esprit De Corps, Rasa bangga akan menumbuhkan tanggungjawab serta pembekalan terhadap perusahaan. Bangga atas uniform yang dipakainya, bangga atas pekerjaan dan jabatan yang disandangnya serta tugas-tugasnya. Sebagai karyawan harus memiliki kemampuan salesmanship dan untuk kemampuan tersebut diperlukan pemahaman dan penguasaan masalah dan hanya terlaksana dengan baik bilamana ada rasa bangga yang dapat menimbulkan kecintaan dan gairah kerja yang baik dan benar.

6. Honesty, Pribadi yang jujur sering tidak menyenangkan, tetapi hal ini menjamin ketenangan dalam bekerja. Kejujuran pribadi berarti kesadaran dan dengan kesadaran akan tumbuh kepatuhan atau taat dan dengan berbagai motivasi maka tujuan akan tercapai dan akhirnya akan mendapatkan kebahagiaan lahir dan batin.

7. Initiatives, Setiap karyawan dituntut untuk mandiri dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik tanpa bimbingan yan terus menerus dan selalu mempertanggungjawabkan setiap tugas yang menjadi beban atau tanggungannya. Selain mandiri, dari setiap karyawan juga dituntut untuk mempunyai inisiatif, tidak hanya menantikan perintah untuk melaksanakan tugas yang mungkin dapat dilakukan atau dikerjakannya sendiri.

8. Communicatives, Bagi mereka yang belajar mempersiapkan diri untuk berkecimpung pada usaha jasa perhotelan dan kepariwisataan, perlu mengetahui dan memahami pengaruh perilaku terhadap suasana yang dilakukannya saat bertugas dalam hubungannya dengan tamu mancanegara maupun nusantara. Dalam bahasa Inggris "please" berarti silahkan dan masing-masing huruf mengandung pengertian tentang sikap karyawan untuk berhubungan dengan para tamu, suatu sikap yang menjadi syarat mutlak dalam usaha jasa agar berhasil baik.

P - Posture (sikap tubuh)

L - Look and listen (perhatikan dan dengarkan)

E - Expression (ekspresi)

A - Appearance (penampilan)

S - Speech (berbicara)

E - Eagerness to help other (suka membantu)

 

Sumber : Richard Sihite, S.Sos., Ethics Communication (Etika Komunikasi),

 

Yuniawati / Perhotelan

 


Komentar


Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 33,195,566

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp