Peranan Strategis Tenaga Pemasaran dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Tenaga pemasaran memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan, yang dapat dilihat dari berbagai aspek yang mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Tenaga pemasaran melakukan pekerjaan mereka dengan melakukan penelitian pasar untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi konsumen, yang membantu perusahaan membuat produk dan layanan yang tepat.

Tenaga pemasaran bertanggung jawab untuk menciptakan, berbicara, dan menyampaikan nilai kepada pelanggan. Dengan memahami pasar dan pelanggan, mereka dapat memastikan bahwa produk yang ditawarkan memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Akibatnya, kepuasan pelanggan akan meningkat.

Selain itu, mereka ditugaskan untuk membangun dan mengelola merek perusahaan. Untuk mencapai hal ini, Anda harus membuat identitas merek yang kuat dan konsisten serta membuat strategi branding yang efektif untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Tenaga pemasaran mengawasi dan memeriksa bagaimana strategi pemasaran perusahaan berjalan. Untuk memastikan bahwa perusahaan tetap kompetitif di pasar yang terus berubah, mereka memantau indikator kinerja kunci (KPI) dan, jika diperlukan, melakukan penyesuaian strategi.

Tenaga pemasaran biasanya adalah orang pertama yang berbicara dengan pelanggan. Mereka menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, yang merupakan bagian penting dari membangun loyalitas dan kepercayaan terhadap merek. Tenaga pemasaran berkontribusi langsung terhadap pencapaian target penjualan perusahaan dengan strategi pemasaran yang tepat dan eksekusi yang baik. Pemasaran efektif dapat meningkatkan pangsa pasar dan keuntungan perusahaan.

Tanpa tenaga pemasaran yang efektif, perusahaan tidak dapat beradaptasi dengan perubahan pasar dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Tenaga pemasaran juga sangat penting untuk mencapai tujuan bisnis dan menciptakan keunggulan kompetitif.

Politeknik NSC Surabaya memiliki program studi sarjana terapan manajemen pemasaran internasional. Pada program studi ini diajarkan ilmu praktis pemasaran yang sesuai dengan perkembangan bisnis di era digital. Lulusan program studi ini akan memperoleh gelar sarjana terapan bidang pemasaran. Selain itu sebelum lulus mereka juga mengikuti sertifikasi kompetensi bidang pemasaran yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi.