Manajemen pemasaran internasional di era perkembangan teknologi yang semakin pesat, dunia ekonomi antar negara di dunia juga semakin tidak ada batas. Dengan akses internet yang dapat kita jelajahi setiap saat, maka kita semakin mengetahui hal-hal yang sedang trend dan disukai masyarakat dari belahan dunia lain. Hal ini semakin membawa dampak perekonomian tiap negara semakin melaju pesat.

Pemasaran Internasional menjadi suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh banyak perusahaan yang telah sukses di dalam negeri, lalu mencoba untuk memasarkan secara internasional demi mencapai tujuan perusahaan dan bertahan dalam perekonomian suatu negara. Perusahan-perusahan yang sudah memilih untuk go-internasional wajib untuk dapat beradaptasi dengan perubahan dinamika dalam laju pemasaran yang begitu cepat.

Manajemen Pemasaran Internasional
Manajemen Pemasaran Internasional

Menurut Cateora dan Graham dalam buku Jajat Kristanto(2011:4), pemasaran internasional adalah kinerja kegiatan-kegiatan bisnis yang didesain untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan dan mengarahkan arus barang dan jasa sebuah perusahaan kepada para konsumen atau para pemakai  di lebih dari satu bangsa untuk mendapatkan keuntungan.

Apabila ditelaah dari definisi diatas maka kegiatan pemasaran internasional merupakan kegiatan yang harus dipahami oleh sumber daya manusia yang handal karena ruang lingkupnya lebih luas daripada marketer atau pemasar domestik atau dalam lingkup suatu negara saja.

Ada beberapa manfaat apabila belajar mengenai Manajemen Pemasaran Internasional, diantaranya:

  1. Memahami pemasaran dalam lingkup mancanegara.
  2. Fokus pada penerapan konsep, prinsip dan aktivitas penyaluran barang dan jasa berbagai negara.
  3. Mempelajari komunikasi bisnis dan manajemen lintas budaya.

Berkarir menjadi seorang marketer yang handal tentu bukan hal yang mudah, pasalnya kalian harus dapat menguasai pemasaran secara online dan offline karena seperti yang dijelaskan diawal bahwa teknologi juga turut serta dalam perkembangan dunia bisnis. Pastikan seorang marketer handal memiliki bekal keilmuan dan skill  yang berkompeten di bidang pemasaran.

Salah satu perguruan tinggi di Surabaya yaitu Politeknik NSC Surabaya memiliki program studi Diploma 4 Manajemen Pemasaran Internasional. Pendidikan vokasi yang menekankan pada praktek 70% dan teori 30%, sehingga bagi masyarakat surabaya dan sekitarnya yang ingin menambah keilmuan dan ketrampilan dibidang marketing secara internasional, dapat menempuh pendidikan selama 4 tahun di Politeknik NSC Surabaya.

Lulusan program studi diharapkan memiliki :

  1. Keterampilan umum, diantaranya:
    • Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pemasaran secara nasional dan internasional.
    • Menguasai konsep teoritis bidang bisnis dan konsep manajemen pemasaran untuk merumuskan pemecahan masalah pemasaran.
    • Mampu mengambil keputusan pemasaran dan alternatif penyelesaian yang tepat dengan berlandaskan pada data dan hasil analisis lingkungan.
    • Bertanggung jawab pada pekerjaan yang ditugaskan dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian target – target pemasaran perusahaan.
  2. Keterampilan khusus, diantaranya:
    • Mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal untuk bisnis dalam skala nasional maupun internasional dan merencanakan strategi, taktik, dan elemen pemasaran.
    • Merencanakan target penjualan dan bagaimana strategi pencapaiannya.
    • Mengidentifikasi dan menerapkan strategi pembinaan dan penyuluhan untuk membangun program loyalitas pelanggan.
    • Memetakan, merancang, dan memantau moment of truth dalam pelayanan pelanggan.
    • Melaksanakan analisa TOWS dan menyusun bauran pemasaran.
    • Mengidentifikasi peluang usaha.
    • Merancang kegiatan usaha, dan mengoperasionalkan kegiatan usaha.

Profil lulusan Manajemen Pemasaran Internasional Politeknik NSC Surabaya yaitu diantaranya:

  1. Manajer Pemasaran
  2. Konsultan Marketing
  3. Executive Marketing
  4. Entrepreneur

Telah dibuka kelas eksekutif bagi kalian yang sudah bekerja dan menambah ilmu pengetahuan, skill  serta upgrade jenjang karir. Jam kuliah kelas eksekutif hanya di Jumat dan Sabtu. Sistem belajarnya blended learning yaitu kombinasi tatap muka dan daring. Silakan daftarkan diri kalian di https://s.nsc.ac.id/pendaftaran-eksekutif dan dapatkan potongan USP sebesar 50%. Info lengkap silakan hubungi admin di nomor whatsapp 03199015042

Mari bergabung menjadi marketing handal bersama Politeknik NSC Surabaya, yes we can!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *