Perubahan Perilaku Konsumen Selama Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan berkah bukan hanya untuk yang menjalankan ibadah puasa, tetapi juga menjadi berkah bagi pelaku bisnis. Pada bulan ramadhan biasanya perubahan perilaku konsumen menjadi lebih meningkat, sehingga muncul bisnis baru dibulan ramadhan.

Perubahan konsumen terjadi karena pola kehidupan sehari-hari orang yang berpuasa berubah sesuai dengan nuansa ramadhan. Karena perilaku yang berubah tersebut dimanfaatkan pelaku bisnis untuk menggaet konsumen sebanyak mungkin.

Beberapa perubahan perilaku konsmen yang berubah selama bulan ramadhan adalah sebagai berikut :

1.Waktu istirahat lebih banyak

Produktivitas selama ramadhan cenderung menurun, misalnya kantor-kantor memulangkan  karyawannya lebih cepat sehingga mempunyai waktu istirahat cukup banyak.

2.Trafik media sosial meningkat

Karena memiliki waktu istirahat yang banyak, waktu tersebut dimanfaatkan orang-orang lebih banyak mengakses media sosial, sehingga hal tersebut dimanfaatkan sebagai waktu yang tepat untuk melakukan promosi melalui media sosial.

3.Peningkatan daya beli

Peningkatan daya beli terjadi karena banyaknya pelaku bisnis memberikan potongan harga atau promo selama bulan ramadhan.

Selain dari beberapa hal yang telah disebutkan diatas masih banyak lagi yang berubah pada perilaku konsumen, sehingga bulan ramadhan menjadi bulan yang paling ditunggu oleh para banyak orang bukan hanya karena umat muslim tapi juga para pelaku bisni.

Leave a Reply

Your email address will not be published.