tumbnail

Manajemen Waktu Yang Efektif

Pada masa pandemi saat ini muncul beberapa fenomena yang cukup dimana
para anak muda yang suka mengabaikan waktu, dengan berbaring diatas tempat tidur.
Dari fenomena tersebut akhirnya muncul sebutan dengan generasi rebahan.

Generasi rebahan tidak melakukan manajemen waktu yang baik, mereka melupakan manfaat dari manajemen waktu. Beberapa manfaat dari manajemen waktu diantaranya :

  1. Meningkat produktivitas :
    produktivitas bukan hanya untuk para pekerja, tetapi semua orang melakukan aktivitas sehari-hari
  2. Mengurangi setres
    Para generasi rebahan selalu menggunakan sistem the of kepepet, ketika telah kepepet maka dibutuhkan tenaga dan pikiran
    yang tidak ada istirahatnya. Dengan pola seperti akan menimbulkan setres.
  3. Meningkat harga diri
    Ketika seseorang mengerjakan diakhir waktu akan dinilai sebagai orang yang bekerja tidak efektif.
  4. Membantu mencapai keseimbangan hidup
    Dengan manajemen waktu yang baik maka bisa menghargai diri dengan memberikan waktu diri untuk santai.
  5. Meningkatkan kepercayaan diri
    Memiliki waktu untuk meningkatkan banyak skill, sehingga menginkatkan rasa kepercayaan diri untuk mengerjakan suatu hal
  6. Membantu mencapai tujuan
    Membantu memecah tujuan tersebut dibagi menjadi bagian-bagian kecil, sehingga tujuan tersebut terasa ringan.
img-1

Dalam membagi waktu dibagi menjadi antara penting dan tidak penting. Kegiatan penting harus segera dilakukan tidak terlibat dengan kegiatan lain, pekerjaan yang sangat penting harus bisa menolak banyak hal mulai dari permintaan orang lain dan kondisi lainnya.

img-2

Untuk mencapai keefektivitasan manajement waktu diperlukan 4D:

  1. Desire (Keinginan) : keinginan dan niatan yang kuat untuk berubah menjadi lebih baik, untuk melakukan sesuatu lebih efektif agar tidak terjadi penyesalan.
  2. Deciviness (Ketegasan) : tegas untuk memiliki antara yang penting dan tidak penting
  3. Determine (kebulatan tekad) : memiliki tekad yang kuat untuk berubah.
  4. Disiplin : memaksakan diri untuk selalu disiplin dapat menggunakan waktu yang lebih baik.

Beberapa tahapan manajemen waktu yang terbatas ini :

  1. Menentukan tujuan : tujuan adalah sebagai hal yang harus dicapai sesuai rencana.
  2. Tetapkan harapan yang masuk akal : harapan sesuai dengan kemampuan yang ada dalam diri.
  3. Membuat penjadwalan : tujuannya agar membagi waktu setiap kegiatan yang kita lakukan.
  4. Evaluasi : Evaluasi dilakukan jika terjadi kembali sebuah kendala maka akan dapat langsung menemukan solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.