Mewujudkan mimpi bukan hal yang mudah, tetapi sebelum mewujudkan mimpi kita dapat terus berimajimasi dan jangan pernah takut untuk berimajinasi apabila imajinasi kita masih masuk akal atau realistis, Berdasarkan pernyataan dari Samuel Q. Cypert dalam buku kewirausahaan oleh (Tohardi, 2021) menjelaskan bahwa imajinasi merupakan suatau pendorong motivasi kita untuk melakukan sesuatu, sehingga dengan adanya imajinasi akan memunculkan energi positif dalam pikiran kita dan akan menjadi kekuatan yang sangat luar biasa. Imajinasi sendiri berawal dari sebuah “mimpi” yang apabila diusahakan untuk mewujudkan, maka imajinasi terssebut akan menjadi sebuah mimpi. Dalam mewujudkan mimpi tersebut sebaiknya bermimpi dengan melihat tren apa yang sedang naik daun di dalam masyarakat. Pada saat ini tren yang terlihat adalah bisnis dalam dunia perhotelan, mulai dari makanan, minuman, hotel, travelvelling, dan sebagainya.

Bisnis dalam Perhotelan

Bisnis dalam dunia perhotelan saat ini dilihat dari kacamata masyarakat maupun dunia berkembang dengan pesat karena menjadi salah satu peluang yang sangat menjanjikan serta menarik semua kalangan, mulai dari kalangan kecil, menengah maupun kalangan tinggi. Terdapat beberapa keuntungan yang didapatkan dalam bisnis dalam dunia perhotelan (Anwar, 2020), yaitu potensi pasar yang besar dan terus-menerus, modal kecil, jenis bervariasi, mudah dan praktis, risiko rendah, dan menguntungkan. Salah satu yang dapat dijadikan contoh adalah mahasiswa dan alumni yang ada di Politeknik NSC Surabaya. Beberapa dari mereka membuka bisnis kuliner seperti minuman kedelai yang dikemas dalam bentuk botolan dengan merk dan pemasaran yang baik. Bisnis sari kedelai dengan merk “SoYu” yang dimana memiliki 3 rasa dan saat ini berkembang menjadi 4 sampai 5 rasa. Adapun rasa SoYu terdiri dari: rasa original, rasa chocolate, rasa tiramisu, melon dan rasa strawbery.

bisnis perhotelan
Sumber : Politeknik NSC Surabaya (bisnis perhotelan)

Bisnis perhotelan lainnya yang telah dilakukan mahasiswa dan alumni adalah membuka bisnis makanan seperti catering, kue kering, dan makanan basah. Melihat dari adanya contoh yang sudah berjalan dalam bisnis perhotelan yang memliki potensi pasar yang besar tidak menutup kemungkinan menurut (Anwar, 2010) terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti: menentukan dan mempelajari jenis makana atau minuman, mengenal target pasar dan segmentasi konsumen.

Referensi

Anwar, Y. (2010). 38 Inspirasi Usaha Makanan Minuman untuk Home Industry Modal di Bawah 5 Juta. Jakarta Selatan: PT AgroMedia Pustaka.

Tohardi, A. (2021). Kewirausahaan. Nas Media Pustaka.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

wpChatIcon
wpChatIcon