How to Expand the Business

How to Expand the Business

Penganggaran modal melibatkan perbandingan biaya dan manfaat proyek yang diusulkan untuk menentukan apakah itu layak. Anggaran modal adalah jumlah dana yang ditargetkan untuk digunakan untuk membeli aset yang dibutuhkan untuk proyek jangka panjang.

Perusahaan mempertimbangkan tiga jenis belanja modal potensial: ekspansi bisnis saat ini, pengembangan bisnis baru, dan investasi dalam aset yang akan mengurangi biaya.


Proses penganggaran modal melibatkan lima tugas:

  1. Mengusulkan proyek baru yang pantas untuk dinilai.
  2. Memperkirakan arus kas proyek, yang merepresentasikan arus kas masuk (berasal dari pendapatan) dikurangi arus kas keluar (berasal dari pengeluaran) per periode.
  3. Menentukan proyek mana yang layak, yang dapat diselesaikan dengan membandingkan nilai sekarang dari arus kas proyek dengan pengeluaran awal proyek.
  4. Menerapkan proyek yang layak berdasarkan status prioritas.
  5. Memantau proyek yang telah dilaksanakan, sehingga setiap kesalahan dari perkiraan arus kas proyek dapat dikenali dan dapat dihindari saat menilai proyek di masa depan.

Perusahaan mempertimbangkan untuk menginvestasikan dana untuk mengakuisisi perusahaan lain berdasarkan satu atau lebih motif berikut:

  1. Perusahaan dapat mencapai pertumbuhan segera dengan mengakuisisi perusahaan lain, sedangkan pertumbuhan tanpa merger akan lebih lambat.
  2. Merger dapat menciptakan volume penjualan yang lebih tinggi untuk sebuah perusahaan, yang memungkinkannya menyebarkan biaya tetapnya ke lebih banyak unit, sehingga mengurangi biaya (skala ekonomi).
  3. Merger dapat memungkinkan perusahaan untuk menggabungkan sumber daya dan menyumbangkan sumber daya di mana mereka memiliki keahlian manajerial paling banyak.
  4. Merger dapat memungkinkan perusahaan yang mengakuisisi untuk mengurangi laba kena pajaknya ketika mengakuisisi perusahaan yang baru-baru ini mengalami kerugian. Selain merger, perusahaan terlibat dalam bentuk restrukturisasi lainnya.

Dalam leveraged buyout (LBO), sekelompok investor mengakuisisi perusahaan (atau anak perusahaan perusahaan) dengan sebagian besar dana pinjaman. Divestasi adalah penjualan aset yang dimiliki oleh suatu bisnis. Banyak perusahaan menjual beberapa aset seperti gedung, pabrik, dan divisi ketika mereka dapat memperoleh harga yang lebih tinggi untuk suatu aset daripada nilainya jika dipertahankan.

Perusahaan berinvestasi dalam aset jangka pendek seperti kas, sekuritas jangka pendek, piutang, dan inventaris. Mereka berinvestasi dalam jumlah yang cukup uang tunai dan sekuritas jangka pendek untuk menjaga likuiditas yang memadai. Namun, investasi tunai yang berlebihan dan sekuritas jangka pendek menunjukkan penggunaan dana yang tidak efisien.

Perusahaan ingin berinvestasi dalam piutang usaha yang cukup sehingga mereka dapat meningkatkan pendapatan dari waktu ke waktu. Namun, mereka harus memberlakukan standar kredit yang memadai, sehingga mereka dapat menghindari gagal bayar yang berlebihan atas kredit yang mereka berikan.

Perusahaan ingin berinvestasi dalam jumlah persediaan yang cukup sehingga mereka dapat menghindari kehabisan persediaan. Namun, investasi yang berlebihan dalam persediaan menunjukkan penggunaan dana yang tidak efisien.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *